Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Komposisi Karya Putri Indonesia Gemparkan London

Jumat 05 Apr 2013 06:26 WIB

Red: A.Syalaby Ichsan

Marisa Sharon Hartanto

Marisa Sharon Hartanto

Foto: myspace

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Prestasi putri Indonesia kembali merambah dunia internasional. Sebuah komposisi ciptaan Marisa Sharon Hartanto (27 tahun) berjudul "Rumble to the Past" tampil di The BBC Concert Orchestra's Baroque Remixed di Roundhouse, London, baru-baru ini.

"Rumble to the Past" yang menjadi finalis BBC Concert Orchestra ditampilkan bersama komposer Anne-Marie O-Farrell dari Queen`s University Belfast. "Bangga komposisi saya ditampilkan orkes yang sangat terkenal BBC Concert Orchestra dan menjadi finalis," ujar Sharon, Jumat (5/4).

Bahkan konduktor BBC Orhcestra Charles Hazlewood mengakui karya Sharon sangat luar biasa terpilih setelah menyisihkan komposer lainnya yang sudah lulus Master. Dua diantara saingannya tengah menyelesaikan PhD.

"Saya yang paling muda diantara para finalis lainnya dan karyanya diworkshopkan paling akhir," ujar Sharon yang tengah mengambil Master of Music dengan composition major di Royal Holloway University of London.

Sharon  bercita-cita komposer dari Indonesia bisa dikenal dunia mengakui banyak komposer dunia yang tertarik dengan gamelan. Dikatakannya, pemusik Indonesia dapat menjadi komposer-komposer yang sangat sukses, ujar Sharon yang sebelumnya kuliah Farmasi di UI mengambil S1 dalam program Apoteker.

Remaja kelahiran Jakarta ini belajar musik khususnya piano sejak berusia lima tahun dan di usia delapan tahun beralih ke electone organ. Sharon belajar vokal dan biola saat berusia 11 tahun.

Dengan darah seni yang mengalir dan rasa haus akan pengetahuan, Sharon tidak berhenti belajar. Pada tahun 2009 mendalami conducting orkestra, komposisi di Jakarta dan belajar arranging dan orkestrasi online di Berklee College of Music.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA