Monday, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Monday, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Marzuki Alie Yakin Batavia Air akan Kembalikan Dana Penumpang

Jumat 01 Feb 2013 22:55 WIB

Rep: Dyah Ratna Meta Novi/ Red: Yudha Manggala P Putra

Ketua DPR RI, Marzuki Alie.

Ketua DPR RI, Marzuki Alie.

Foto: Tahta Aidilla/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Marzuki Alie yakin Batavia Air akan mengembalikan dana yang telah dibayarkan oleh ratusan penumpang Batavia Air untuk pembelian tiket.

Saat ini Batavia Air sedang dipailitkan sehingga maskapai tersebut memang tidak boleh membuat kebijakan apapun. Batavia air sendiri sudah menghentikan operasinya sehingga banyak penumpang yang terlantar di bandara.

Meski demikian, kata Marzuki, Batavia Air harus memprioritaskan pengembalian dana pembelian tiket yang dibayarkan penumpang. Aset Batavia Air cukup banyak. Kalau pun aset mereka dijual untuk mengembalikan dana pembelian tiket penumpang, sisanya pasti sangat banyak.

“Dana yang harus dibayarkan ke calon penumpang saya pikir tidak akan banyak,” katanya di Jakarta, Jumat, (1/2).

Menurut Marzuki, tidak mungkin maskapai itu tidak mampu mengembalikan uang penumpang. Ia yakin Batavia Air akan mengembalikan dana penumpang. Namun memang membutuhkan waktu karena mereka sibuk menyelesaikan masalah keuangannya.

Jika Batavia Air dalam beberapa hari ke depan tidak mengembalikan dana penumpang, ujar Marzuki, seharusnya Dirjen Perhubungan turun ke lapangan untuk menjembatani masalah pengembalian dana tiket tersebut. “Peran pemerintah memang diperlukan agar masyarakat mendapatkan hak-haknya,” ujarnya.

Namun, lanjut Marzuki, ia memaklumi jika Batavia Air terlambat dalam mengembalikan dana kepada para calon penumpang. Saat ini Batavia Air mungkin sedang melakukan inventarisasi aset-aset mereka yang ada. Nanti aset tersebut dilelang lalu digunakan untuk melakukan pembayaran terhadap tagihan-tagihan yang diberikan kepada Batavia Air.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA