Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Astagfirullah.. Sapi Gelonggongan Dijadikan Kurban

Ahad 28 Oct 2012 09:30 WIB

Red: Didi Purwadi

Hewan kurban (ilustrasi).

Hewan kurban (ilustrasi).

Foto: Antara/M Luthfi Rahman

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Warga Desa Muaraputih, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, terkejut. Mereka menyembelih seekor sapi yang diduga gelonggongan untuk kurban Idul Adha tahun ini.

"Kami tidak menyangka ternyata satu ekor sapi untuk hewan kurban sudah digelonggong," kata Junaidi, seorang warga Desa Muaraputih, Minggu.

Junaidi mengatakan sapi untuk kurban itu sebelumnya terlihat besar sekali. Namun setelah dipotong, dagingnya berwarna putih serta banyak keluar air bercampur darah.

"Apalagi, daging sapi yang diperkirakan beratnya sekitar satu kuintal itu setelah dipotong beratnya hanya sekitar 54 kilogram saja," ujar warga tersebut.

Sapi itu diperoleh dari seorang peternak Desa Pejambon. Namun, peternak bernama Sudi Prawoto itu tidak mengakui bahwa sapi tersebut telah digelonggong. Bahkan, menurut dia, hewan ternak itu sudah diperiksa oleh mantri hewan dari Natar.

"Bila benar memang sudah diperiksa, dia tidak dapat menunjukkan surat keterangan sehat dari pihak terkait yang menyatakan hewan ternak tersebut aman dikonsumsi masyarakat," kata Junaidi lagi.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA