Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Guncangan Gempa Sumbar 6,1 SR Sampai ke Kerinci

Jumat 14 Sep 2012 15:32 WIB

Red: Endah Hapsari

Gempa bumi (ilustrasi)

Gempa bumi (ilustrasi)

Foto: Antara/M Risyal Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG---Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Padangpanjang, Sumatera Barat, menyebutkan guncangan gempa tektonik berkekuatan 6,1 skala Richter yang berpusat di Pagai Selatan, Mentawai, Jumat siang, dirasakan di Kerinci, Jambi.

"Kami mendapatkan laporan dari Kerinci, guncangan gempa yang terjadi sekitar pukul 11.51 WIB di wilayah pesisir pantai Sumbar, dirasakan sebagian warga provinsi tetangga," kata analis BMKG Padangpanjang, Buha Simanjuntak ketika dikonfirmasi.

Gempa dengan kedalaman 83 km di lokasi 162 km tenggara Kepulauan Mentawai pada titik koordinat 3,51 Lintang Selatan dan 100,32 Bujur Timur.

Guncangan gempa cukup dirasakan masyarakat yang berada di Pulau Pagai Selatan, dan sebagian di pesisir Kota Padang.

Sementara itu, sebagian warga pinggiran Kota Padang, tak merasakan guncangan gempa, namun warga di kawasan pantai ada yang sempat berhamburan ke luar rumah.

Hani warga pinggiran Padang, mengaku tak merasakan guncangan gempa itu, hanya sudah diketahui dari tetangga, bahwa ada gempa terjadi.

Salah seorang pegawai kantor gubernur Sumbar, Zaki mengakui merasakan guncangan gempa dan sebagian pegawai sempat berhamburan ke luar gedung.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA