Saturday, 8 Zulqaidah 1439 / 21 July 2018

Saturday, 8 Zulqaidah 1439 / 21 July 2018

Puluhan Spanduk Dukungan untuk Jokowi dan Foke Dicopot

Jumat 24 August 2012 23:58 WIB

Red: Endah Hapsari

Penurunan spanduk/ilustrasi

Penurunan spanduk/ilustrasi

Foto: beritajakarta.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sebanyak 79 spanduk yang berisi dukungan terhadap pasangan calon gubernur (cagub) yang lolos ke putaran kedua diturunkan Panwaslu DKI. Penurunan dilakukan untuk menghindari terjadinya gesekan atau konflik di tengah masyarakat.

Dari 79 spanduk yang diturunkan, sebanyak tiga spanduk berisi dukungan kepada pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Tjahaya Purnama (Ahok). Sementara sisanya, yaitu 76 spanduk merupakan dukungan terhadap pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli.

Ketua Panwaslu Jakarta Selatan, Andi Maulana mengatakan, penurunan spanduk-spanduk itu dilakukan dalam dua hari terakhir di sembilan kecamatan dari 10 kecamatan yang ada di Jakarta Selatan. "Terpaksa kami turunkan karena berpotensi meresahkan masyarakat," ujar Andi, Jumat (24/8).

Dikatakan Andi, spanduk-spanduk yang diturunkan terdapat unsur kampanye atau ajakan untuk memilih. Padahal, berdasarkan jadwal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, masa kampanye putaran kedua dilakukan pada tanggal 14-16 September mendatang.

"Rata-rata isi spanduk dianggap merupakan ajakan kepada masyarakat untuk memilih pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Dalam spanduk itu juga terdapat dukungan dari organisasi tertentu, seperti majelis taklim, dan ada gambar pasangan calonnya," katanya.

Meski demikian, sambungnya, pihaknya tidak sembarangan dalam melakukan penurunan spanduk. "Ajakan untuk memilih pemimpin amanah tidak kami turunkan. Karena kan jadi pemimpin memang harus amanah," tandasnya.

Sumber : beritajakarta.com
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES