Kamis, 14 Rabiul Awwal 1440 / 22 November 2018

Kamis, 14 Rabiul Awwal 1440 / 22 November 2018

Gubernur Ini Serahkan Zakat Rp 600 Juta

Rabu 15 Agu 2012 05:08 WIB

Red: Endah Hapsari

  Warga mengantre saat pembagian zakat.

Warga mengantre saat pembagian zakat.

Foto: Antara/Yudhi Mahatma

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM---Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH M Zainul Majdi menyerahkan zakat sebesar Rp 600 juta secara simbolis kepada sebagian dari 7.250 mustahik (penerima) zakat dari Badan Zakat Nasioanal (Baznas) tahap kedua.

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi kepada sejumlah mustahik. Secara keseluruhan pada 2012 jumlah zakat yang diserahkan sebanyak Rp 1,6 miliar.

Pada penyerahan zakat tersebut Gubernur NTB didampingi Ketua Harian Amil Zakat Daerah (Bazda) NTB TGH M Anawar MZ dan Sekda NTB H Muhammad Nur. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan zakat oleh sejumlah muzakki (pembayar zakat).

Ia mengatakan, zakat merupakan salah satu rukun Islam. Dalam Alquran terkait dengan zakat yang pertama disebutkan adalah dalam konteks muzakki. Jadi kemanfaatan muzakkilah yang pertama kali disebut oleh Allah SWT dalam Alquran.

"Karena itu perlu kita pahami bahwa tidaklah harus dimaknakan sebagai kemamfaatan bagi para mustahik saja. Jadi jangan kita menganggap bahwa dengan berzakat hanya orang yang menerima zakat yang sesungguhnya menerima manfaat,'' katanya.

Zainul mengatakan, dengan memahami bahwa dalam zakat itu ada hal-hal yang bermanfaat dan kembali kepada muzakki baik secara personal maupun satu keluarga, itu membersihkan rezeki untuk keluarga.

Secara kolektif untuk institusi tertentu, katanya, maka itu merupakan bagian dari upaya membangun spiritulitas dari institusi itu. Setelah zakat terkumpul kemanfaatan zakat itu akan lebih terarah kepada para mustahik.

"Karenaitu saya terus berupaya mendorong Bazda NTB untuk meningkatkan seluruh ikhtiar menyosialisasikan pengtingnya kita berzakat dan menyosialisasikan bahwa zakat itu tidak hanya satu dimensi, tidak hanya terkait kemanfaatan bagi para mustahik saja tetapi juga kepentingan dan manfaat bagi para muzakki," katanya.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Festival Panen Kopi Gayo

Rabu , 21 Nov 2018, 20:55 WIB