Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Jangan Khawatir Harta Berkurang karena Zakat, karena...

Jumat 03 Aug 2012 21:02 WIB

Red: Endah Hapsari

Zakat fitrah (ilustrasi).

Zakat fitrah (ilustrasi).

Foto: blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG---Membayar kewajiban menunaikan zakat fitrah atau zakat mal serta sedekah tidak akan menyebabkan harta yang dimiliki menjadi berkurang.

"Berdasarkan pengalaman banyak yang setelah membayar zakat hartanya semakin bertambah," kata Anggota Bidang Penghimpunan Lembaga Amil Zakat Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Padang Gufron, Jumat.

Karena itu, bagi umat Islam yang hendak menunaikan zakat tidak perlu ragu hartanya akan berkurang, karena sebenarnya zakat yang disalurkan merupakan hak orang lain yang dititipkan melalui tangan kita, kata dia.

Ia menceritakan pengalaman donatur yang membayar zakat melalui PKPU, dimana setelah menunaikan kewajiban zakat justru usaha yang dikelola menjadi lebih maju dibandingkan sebelumnya.

Donatur tersebut sangat merasakan bagaimana usahanya berkembang pesat setelah mengeluarkan zakat, kata dia.

Tidak hanya itu, jika zakat yang dibayar disalurkan dalam bentuk produktif seperti modal usaha akan dapat meningkatkan perekonomian dan taraf hidup penerimanya, sehingga zakat itu dapat menuntaskan kemiskinan dan pada tahun berikutnya yang bersangkutan tidak lagi berstatus sebagai penerima namun juga ikut membayar zakat.

Kemudian, zakat juga dapat menekan tindak kriminalitas yang akhir-akhir ini cukup marak terjadi bila disalurkan dengan cara yang tepat dan efektif.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk menunaikan kewajiban membayar zakat lebih awal karena akan memberikan banyak manfaat sehingga pelaksanaan ibadah Ramadhan lebih optimal.

Dengan membayar zakat lebih awal baik melalui lembaga amil zakat atau disalurkan langsung, masyarakat dapat lebih fokus melaksanakan ibadah Ramadhan dengan optimal terutama 10 hari terakhir.

Ia menambahkan, jika penyaluran zakat lebih awal, maka penerimanya dapat menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan menjelang Lebaran.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA