Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Sisa Hutan Indonesia Hanya 45 Juta Hektare

Kamis 22 Mar 2012 12:00 WIB

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Dewi Mardiani

Penyusutan luas hutan akibat penggundulan dan konversi. (ilustrasi)

Penyusutan luas hutan akibat penggundulan dan konversi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Menteri Kehutanan (Menhut), Zulkifli Hasan, mengatakan selama ini sisa hutan yang dimiliki Indonesia hanya 45 juta hektare. Sebelumnya, ada 136 juta hektare hutan. Namun, karena kayu dari hutan banyak diambil oleh Hak Pengusaha Hutan (HPH), akibatnya, hutan yang masih ada tinggal sekian.

"Terjadi eksploitasi besar-besaran di hutan Sumatra, Kalimantan, dan Indonesia timur," kata Zulkifli Hasan pada National Congres IMMERTI 2012 dan Seminar Nasional di Universitas Lampung (Unila), Kamis (22/3).

Dia mengatakan perubahan iklim terjadi karena tidak seimbangnya lima hal pokok, air, udara, tanah, alam, dan lingkungan. Menurunnya jumlah areal hutan sangat berpengaruh pada perubahan iklim itu. Karena itu, pihaknya sudah mencanangkan 657.117 ha penanaman hutan kembali yang tersebar pada 104 kabupaten/kota.

Ia mengatakan dulu Lampung masuk provinsi terkaya kedua dan ketika di Sumatra. Karena Lampung penghasil lada terbesar. Sekarang, kata dia, provinsi ini masuk termiskin ketiga dan kedua.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA