Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Waspada, Angin Kencang Hingga Pekan Depan

Selasa 20 Mar 2012 12:20 WIB

Rep: Indah Wulandari/ Red: Hafidz Muftisany

Angin Puting Beliung (ilustrasi)

Angin Puting Beliung (ilustrasi)

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Angin kencang disertai hujan lebat bakal kerap terjadi sepekan mendatang di beberapa wilayah di Indonesia. "Hujan lebat disertai angin kencang dengan durasi singkat dapat terjadi di beberapa tempat di wilayah Indonesia. Hal ini berkaitan dengan makin dekatnya posisi matahari ke wilayah khatulistiwa," terang Deputi Bidang Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Prih Harjadi, Selasa (20/3).

Hujan deras disertai kilat/petir dan angin kencang berkekuatan 5-45 km/jam itu merata terjadi di beberapa wilayah. Antara tanggal 20-21 Maret 2012, kondisi cuaca seperti itu terjadi di Banten bagian Selatan, Jawa Barat bagian Tengah dan Selatan, Jawa Tengah bagian Utara, Timur dan Selatan, DI Yogyakarta, Jawa Timur bagian Selatan dan Timur, Kalimantan Timur bagian Utara, Sulawesi Selatan bagian Tengah dan Selatan, Bali, NTB bagian Timur, NTT, Maluku Tenggara serta Papua bagian Utara dan Tengah.

Kondisi alam serupa terjadi pada tanggal 22-23 Maret di Banten bagian Selatan, Jawa Barat bagian Selatan, Jawa Tengah bagian Timur dan Selatan, DI Yogyakarta, Jawa Timur bagian Selatan dan Timur, Kalimantan Timur bagian Utara, Sulawesi Selatan bagian Selatan, Bali, NTB bagian Timur, NTT, Maluku Tenggara serta Papua bagian Utara dan Tengah.

Pada tanggal 24-26 Maret, angin disertai hujan diperkirakan terjadi di Lampung bagian Selatan, Bengkulu bagian Selatan, Jawa Barat bagian Tengah dan Selatan, Jawa Tengah bagian Utara, Timur dan Selatan, DI Yogyakarta, Jawa Timur bagian Selatan dan Timur, Kalimantan bagian Selatan, Sulawesi Selatan bagian Selatan, Sulawesi Tenggara bagian Selatan, Bali, NTB bagian Timur, NTT, Maluku Tengah, Maluku Tenggara serta Papua Timur bagian Utara.

"Kecepatan angin tertinggi terjadi di Laut Timor, Laut Arafura dan Teluk Carpentaria,"ujar Prih. BMKG mengimbau masyarakat berlindung di dalam ruangan jika angin kencang menerpa.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA