Rabu, 10 Jumadil Awwal 1440 / 16 Januari 2019

Rabu, 10 Jumadil Awwal 1440 / 16 Januari 2019

Dubes Ungkap Hubungan Historis antara RI-Iran

Selasa 28 Feb 2012 20:06 WIB

Rep: agung sasongko/ Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mahmoud Farazandeh, Selasa (28/2) malam, mengajak para wartawan dari Indonesia untuk berdialog dan diskusi. Acara sendiri berlangsung di rumah kediaman duta besar Iran, jalan Madiun, Menteng, Jakarta Pusat.

Ada tiga hal yang disampaikan duta besar. Pertama, Festival Kebudayaan Iran yang akan berlangsung 3-7 Maret mendatang. Kedua, memperkenalkan peradaban Iran kepada masyarakat Indonesia.

"Kemarin saya bertemu dengan teman dari Sumatera, mereka memberikan bukti ada hubungan historis antara Indonesia dan Iran di masa lalu," kata Farazandeh kepada para wartawan.

Bukti itu, kata Farazandeh berupa batu nisan. Dari pecahan batu nisan yang dibawa terdapat tulisan berbahasa Persia. Hal ini tentu membuktikan kebenaran adanya hubungan harmonis anatara Iran dan Indonesia di masa lalu.

Ketiga, kata Farazandeh, soal nuklir. Menurut Farazandeh, Iran berusaha untuk memanfaatkan hak dasar teknologi untuk kepentingan damai. "Beberapa negara melakukan usaha sedemikian rupa untuk mengagalkan kemajuan negara kami. Tekanan yang dilakukan berdasarkan isu Ham dan Nuklir," katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA