Monday, 22 Ramadhan 1440 / 27 May 2019

Monday, 22 Ramadhan 1440 / 27 May 2019

Hatta Rajasa: Kenaikan Harga BBM Dibahas Pekan Depan

Ahad 26 Feb 2012 16:40 WIB

Rep: Esthi Maharani/ Red: Dewi Mardiani

Menko Perekonomian Hatta Rajasa

Menko Perekonomian Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, hingga saat ini belum mau memastikan berapa besaran kenaikan harga BBM. Menurutnya, kebijakan masalah harga harus dibahas bersama Komisi VII DPR. Direncanakan, pada pekan depan pembahasan mengenai hal tersebut akan dilakukan.

“Nanti dibahas bersama DPR. Nanti Selasa (28/2) di Komisi VII DPR dengan Menteri ESDM,” katanya pada akhir pekan lalu. Hatta enggan mendahului dengan menyebutkan kemungkinan angka kenaikan harga BBM. “Jangan dulu mendahului sebelum dibahas bersama DPR,” katanya.

Ia menjelaskan, proses untuk menaikan harga BBM harus ditempuh dengan beberapa tahapan. Selain pembahasan antara Menteri ESDM dan Komisi VII DPR, pemerintah pun harus mulai mengotak-atik APBN Perubahan yang harus segera diajukan.

“Nanti, Menkeu akan menyampaikan RAPBN Perubahan pada awal April, nanti di situ dibahas dan akan kelihatan perubahan asumsi BBM kita dan perubahan harga BBM,” katanya.

Dengan rencana kenaikan harga BBM, pemerintah harus mengubah APBN 2012. Karena, dalam UU tersebut sudah ditetapkan pada 2012 tidak ada kenaikan harga minyak. Tetapi, perkembangan situasi global dianggap telah memaksa pemerintah untuk melakukan perubahan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA