Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

Mobil Kiat Esemka Jawab Kerinduan Masyarakat

Sabtu 07 Jan 2012 21:25 WIB

Red: Heri Ruslan

REPUBLIKA.CO.ID,  SEMARANG -- Munculnya mobil bertitel Kiat Esemka yang kemudian ramai dipesan banyak kalangan menunjukkan adanya kerinduan dan kebanggaan  terhadap produk lokal. Sosiolog Universitas Negeri Semarang, Rini Iswari,  mengatakan, antara gengsi sosial dan kebanggaan terjadi saling tarik-menarik. ''Kalau saya lihat sama-sama kuat, gengsi sosial masih ada, kebanggan juga besar. Ini tergantung langkah pemerintah ke depan bagaimana," ujar Rini.

Ia mengatakan, pemerintah harus merespons produk anak SMK itu, melakukan langkah, dan menentukan kebijakan untuk mengembangkan program mobil nasional seiring kuatnya respons masyarakat terhadap karya bangsa itu. Kalau pemerintah segera bersikap untuk pengembangan mobil nasional, kata dia, rasa gengsi sosial akan tergeser dengan kebanggan untuk lebih menggunakan produk-produk lokal dengan kualitas yang tak kalah bagus.

"Langkah Wali Kota Solo Joko Widodo yang membuat mobil Esemka ramai diperbincangkan dan banyak dipesan berbagai kalangan pejabat sangat bagus. Termasuk juga peran media dalam mempublikasikannya," katanya. Kampanye penggunaan produk lokal, kata dia, sebenarnya sudah banyak dilakukan, diawali mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang selalu mengenakan dan mengenalkan produk lokal dalam berbagai kesempatan.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA