Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

70 Persen Alat E-KTP tak Berfungsi Maksimal

Selasa 15 Nov 2011 10:51 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Stevy Maradona

Pembuatan E-KTP

Pembuatan E-KTP

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID,INDRAMAYU -- Program pembuatan e-KTP (Electronic Kartu Tanda Penduduk) di Kabupaten Indramayu hingga kini masih tersendat. Hal itu dikarenakan banyaknya peralatan yang rusak.

Bahkan, kondisi tersebut terjadi merata di hampir semua kecamatan di Kabupaten Indramayu. Akibatnya, upaya percepatan pembuatan e-KTP secara massal menjadi terhambat.

Hal itu seperti yang terjadi di Kecamatan Karangampel. Dari dua alat yang tersedia, kedua-duanya tidak berfungsi. Hal itu dikarenakan ada kerusakan sistem jaringan dan perangkat di dalamnya.

‘’Akibatnya, banyak warga mengeluh karena harus menunda pembuatan e-KTP,’’ ujar  Camat Karangampel, Iskandar, Selasa (15/11).

Sementara itu, menurut salah seorang operator pembuatan e-KTP di salah satu kecamatan yang enggan disebut namanya, membenarkan banyaknya alat yang rusak. Dia menjelaskan, alat itu rusak karena sebelumnya digunakan terlebih dulu untuk latihan para operator sebelum terjun ke lapangan.

‘’Ya sebelumnya dipakai untuk belajar, jadi banyak yang rusak,’’ tutur operator tersebut.

 Kepala Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indramayu, Nuradi, juga membenarkan banyaknya peralatan pembuatan e-KTP yang rusak. Dia mengatakan, hingga awal November 2011, Disdukcapil telah menerima keluhan dari hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Indramayu.

Dari seluruh peralatan e-KTP di 31 kecamatan di Kabupaten Indramayu, yang berfungsi secara efektif hanya 30 persen. Selebihnya, sambung dia, dalam kondisi rusak dan kurang lengkap. 


Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA