Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

Prajurit TNI yang Jaga Pulau-Pulau Terluar Dapat Tunjangan Khusus

Jumat 14 Oct 2011 20:57 WIB

Red: Stevy Maradona

Pantai Pulau Berhala

Pantai Pulau Berhala

Foto: .

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN-- Komando Daerah Militer (Kodam) I Bukit Barisan memberikan tunjangan khusus untuk prajurit tentara nasional Indonesia (TNI) yang bertugas menjaga pulau-pulau terluar.

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewijk Paulus di Komplek Kompi Bantuan Batalyon Zipur I/Dhira Dharma di Medan, Jumat, mengatakan, diantaranya tunjangan itu adalah biaya kemahalan dalam kebutuhan sehari-hari.

Pimpinan TNI memberikan apresiasi untuk seluruh prajurit yang berdedikasi dan menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan Indonesia.

Apalagi terhadap prajurit TNI yang rela menjalankan tugas dalam menjaga pulau-pulau terluar yang berada jauh dari keramaian demi keutuhan NKRI. "Kita memberikan tunjangan khusus, termasuk biaya kemahalan," katanya.

Menurut Pangdam, dalam menjaga pulau terluar itu, pihaknya menerapkan kebijakan untuk menempatkan personel pasukan marinir dari TNI Angkatan Laut untuk pulau yang tidak memiliki penduduk. "Kalau ada penduduknya, TNI Angkatan Darat yang ditempatkan," kata mantan Danjen Kopassus tersebut.

Data yang diperoleh menyebutkan, wilayah tugas Kodam I Bukit Barisan memiliki 25 pulau terluar yang masih berada dalam NKRI dan perlu mendapatkan penjagaan agar tidak dikuasai pihak lain. Namun dari jumlah tersebut, sedikitnya ada tiga pulau yang perlu mendapatkan perhatian khusus untuk dijaga yakni Pulau Berhala di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Pulau Nipah di Batam dan Pulau Sekatung di Natuna, Kepulauan Riau.

Ketiga pulau tersebut perlu dijaga ketat dengan mengerahkan pasukan dalam jumlah yang dinilai mencukupi, apalagi Pulau Nipah yang berdekatan dengan Singapura.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA