Thursday, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Thursday, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Kronologis Lengkap Pembajakan Kereta Api Gajayana Jurusan Malang-Jakarta

Sabtu 27 Aug 2011 21:35 WIB

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Pembajakan, ilustrasi

Pembajakan, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pada Sabtu dini hari, kereta api Gajayana Malang-Jakarta dibajak di Cirebon. Pelaku yang merupakan oknum TNI memaksa masinis melajukan kereta tanpa henti menuju Jakarta. Begini kronologi lengkapnya yang dirangkum berdasar keterangan pihak PT Kereta Api Indonesia:

Jumat, 26 Agustus 2011

17.30 Gajayana angkutan Lebaran berangkat dari Stasiun Malang, Jawa Timur

 

Sabtu, 27 Agustus 2011

06.21 - KA Gajayana Lebaran berangkat dari Stasiun Cirebon

06.54 - KA Gajayana Lebaran tertahan di sinyal masuk Stasiun Jatibarang

07.09 - Di Stasiun Telagasari ada beberapa orang yang menghadang di jalan rel, satu orang naik ke Lokomotif KA Gajayana Lebaran

07.28 - 07.30 Berhenti di Stasiun Haurgeulis untuk menurunkan penumpang yang naik di lokomotif. Masinis melaporkan kepada pengendali operasi KA Cirebon bahwa penumpang di lokomotif sudah diturunkan di Stasiun Haurgeulis.

08.12 - Masinis KA Gajayana Lebaran melakukan penyesuaian frekuensi radio lokomotif ke pengendali operasi KA Daerah Operasi 3 Cirebon minta agar perjalanan KA Gajayana Lebaran diberikan aspek hijau-hijau atau perjalanan langsung sampai Stasiun Gambir.

08.14 - KA Gajayana Lebaran lewat Stasiun Cikampek

08.16-09.00 Petugas Pusat Kendali (PK) Timur Daop I Jakarta memanggil masinis KA Gajayana Lebaran melalui radio lokomotif namun tidak ada respon. Untuk itu, petugas PK berinisiatif mengambil tindakan Berhenti Luar Biasa (BLB) KA Gajayana Lebaran di Stasiun Bekasi namun gagal.

09.08 - PK Timur Daops I mendapatkan kontak dari masinis KA Gajayana Lebaran dengan suara pelan bahwa disandera dan mohon KA dilangsungkan sampai Stasiun Gambir

09.10 - KA Gajayana Lebaran dicoba diberhentikan di Stasiun Jatinegara, namun gagal. Dan diarahkan ke Stasiun Pasar Senen.

09.12 - Kondektur KA Gajayana Lebaran menerima telepon dari pegawai Purwokerto agar nanti KA masuk Stasiun Pasar Senen melakukan penarikan rem darurat dari dalam rangkaian. Lalu KP meminta kepada teknisi KA agar melakukannya.

09.35 - KA Gajayana Lebaran masuk jalur 4 dengan ditarik rem darurat yang dilakukan teknisi KA - Dilakukan penangkapan oleh aparat Brimob yang sudah siaga di jalur 4. - Pengakuan masinis KA Gajayana Lebaran, dia dalam tekanan dan pisau sangkur yang menempel di dadanya - Ada bekas luka memar di dada masinis KA Gajayana Lebaran serta luka gores di tangan masinis.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES