Kamis 30 Jun 2011 10:30 WIB

Dinasti Rau Kehilangan Chasan Sochib

Rep: Muhammad Fakhruddin/ Red: Didi Purwadi
Chasan Sochib (dua kanan)
Foto: www.litbang.bantenprov.go.id
Chasan Sochib (dua kanan)

REPUBLIKA.CO.ID,SERANG - Ayah kandung Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Tubagus Chasan Sochib, meninggal dunia, Kamis (30/6). Jenazah almarhum rencananya akan dimakamkan di Ciomas, Kabupaten Serang, Banten.

“Sekitar pukul 10:00 WIB jenazah Chasan Sochib akan dibawa ke Ciomas,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Banten, Komari.

Ayahanda Ratu Atut Chosiyah ini meninggal pada Kamis (30/6) pukul 04.00 pagi di Rumah Sakit Sari Asih Serang. Jenazah disemayamkan di rumah duka Jalan KH. Fatah Hasan, Ciceri Bunderan Serang. Di rumah duka telah berkumpul keluarga dan sejumlah pejabat teras di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten.

Bagi mereka yang tinggal di Banten atau pernah tinggal di Banten, pasti kenal Chasan Sochib yang akrab disapa Haji Hasan. Tokoh sentral Banten dan pemimpin tunggal kelompok paling dominan di Banten yang sering disebut kelompok atau dinasti 'Rau'. Rau merujuk pada tempat tinggalnya di kompleks Pasar Rau.

Selain sebagai ayah kandung Ratu Atut Chosiyah, pria asal Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten yang sering mencantumkan nama lengkapnya sebagai Prof DR (HC) H Tubagus Chasan Sochib ini juga ayah kandung dari Wali Kota Serang Tubagus Hearul Jaman dan Wakil Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Pria berumur lebih dari 80 tahun ini juga merupakan mertua Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany; kakek anggota DPD RI, Andika Hazumi; dan suami Wakil Bupati Pandeglang, Heryani.

Chasan Sochib juga sering disebut dengan nama Abah. Chasan Sochib terlahir bukan dari keluarga kaya raya atau keluarga priyayi atau bangsawan. Ia terlahir dari keluarga pedagang beras biasa di Pabuaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement