Kamis, 9 Safar 1440 / 18 Oktober 2018

Kamis, 9 Safar 1440 / 18 Oktober 2018

Dan Satgas Pembebasan MV Sinar Kudus Naik Pangkat

Ahad 22 Mei 2011 20:30 WIB

Red: Stevy Maradona

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Komandan Satgas "Merah Putih" Kolonel Laut (P) M. Taufiqurochman yang berhasil membebaskan kapal niaga MV "Sinar Kudus" dari tangan perompak Somalia, mendapat penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat menjadi laksamana pertama.

Sedangkan sekitar 900 personel yang terlibat mendapatkan penghargaan "Satya Lencana Wirakarya" yang disematkan oleh Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono di Dermaga Komando Lintas Laut Militer, Jakarta, Ahad.

Upacara kenaikan pangkat dan penyematan tanda penghargaan bagi para personel Satgas "Merah Putih" disaksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kapal MV Sinar Kudus dibajak perompak Somalia pada 16 Maret 2011 dan membawa 20 ABK. Kapal berbobot 8.911 ton itu membawa feronikel dengan tujuan Belanda.

Ketika dibajak, MV Sinar Kudus berada di Perairan Somalia tepatnya di sekitar 350 mil laut tenggara Oman. Sejak itulah selama 46 hari MV Sinar Kudus dan 20 ABK disandera para pembajak dengan tuntutan meminta tebusan uang kepada pemilik kapal, sampai akhirnya dibebaskan pada 1 Mei 2011.

Kapal MV Sinar Kudus dibebaskan dengan membayar tebusan disertai operasi militer bersandikan "Merah Putih" pimpinan Laksamana Pertama TNI M. Taufiqurochman, yang sehari-hari bertugas sebagai Komandan Gugus Tempur Laut Armada RI Kawasan Barat.

Satgas melibatkan dua kapal fregat yakni KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355 dan KRI Yos Sudarso-353, satu kapal LPD KRI Banjarmasin-592 dan satu helikopter. Sedangkan personel yang dikerahkan terdiri atas pasukan khusus dari Kopassus, Korps Marinir dan Kopaska.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA