Wednesday, 16 Jumadil Akhir 1443 / 19 January 2022

Wednesday, 16 Jumadil Akhir 1443 / 19 January 2022

Ada 11 Warisan Budaya Indonesia yang Sudah Diakui Dunia

Rabu 20 Apr 2011 16:06 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Membatik

Membatik

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Sebanyak 850 situs yang ada di dunia telah ditetapkan menjadi warisan budaya dunia oleh Unesco. Termasuk dalam daftar yakni 11 situs yang ada di Indonesia.

Ke-850 situs yang diakui menjadi warisan budaya dunia itu terdiri dari 689 mengenai budaya dan 176 alam, kata Menteri Kebudayaan Dan Pariwisata Jero Wacik dalam sambutan tertulis dibacakan oleh Dirjen Nilai Seni Budaya Dan Film Ukus Kuswara, pada Kongres Sekretariatan Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI) di Solo, Rabu (20/4).

Sebanyak 11 situs budaya Indonesia yang telah diakui sebagai warisan budaya dunia, diantaranya mengenai Batik, Wayang, Keris, Angklung situs manusia purba Sangiran.

Untuk mengenai batik dalam menjaga dan mengembangkan tidak ada masalah, karena sekrang ini tua muda sudah memakai kain batik. Namun masa depan keris cuku mencemaskan, mengingat masih pada orang tua saja dan sebagai pelengkap pakaian adat.

Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahlinya Bidang Politik Maryanto, mengatakan keris memang pada awalnya sebagai senjata untuk melindungi diri, tetapi sekarang sudah tidak terbatas pada fungsi tersebut saja.

Keris selain untuk senjata melindungi diri, dan simbol status sosial juga sebagai barang seni yang bernila tinggi dan juga sebagai barang sopenir yang bisa mendatangkan keuntungan bagi perajin keris.

"Jadi mengenai pelestarian keris itu apa bila dikelola dengan baik juga bisa mendatangkan kesejateraan bagi masyarakat," katanya.

Kongres SNKI perta yang berlangsung dari 19-21 April 2011 di Solo, itu selain untuk memilih pengurus baru, juga menysun program kerjas. Bersama kongres SNKI tersebut juga digelar pameran dan bursa keris dan juga diadakan demontrasi membuat keris oleh para empu-empu muda.

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA