Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

Sutopo: Perubahan Adalah Sesuatu yang Alamiah

Rabu 24 Apr 2019 19:59 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Indira Rezkisari

Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) - Sutopo Purwo Nugroho

Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) - Sutopo Purwo Nugroho

Foto: Republika/Prayogi
Bagi Sutopo yang terpenting dari perubahan adalah ke depan lebih baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho hadir di Ballroom, Djakarta Theater, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (24/4). Sutopo adalah satu dari lima tokoh yang akan menerima penghargaan Tokoh Perubahan Republika 2018 karena dinilai berkontribusi besar dalam mengubah Indonesia ke arah lebih baik di sepanjang tahun 2018 lalu.

Baca Juga

Menurut Sutopo, perubahan baginya adalah sesuatu yang tidak dapat dihindarkan dalam kehidupan. "Perubahan bagi saya itu adalah sesuatu yang alamiah, dalam mencari keseimbangan tentu saja perubahan diperlukan, yang penting perubahan ke depan lebih baik, bukan perubahan yang lebih sengsara," ujarnya di Ballroom Djakarta Theater, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (24/4).

Sutopo melanjutkan, begitu pun di alam, perubahan juga terjadi pada alam semesta. Sebab, ia menilai alam juga membutuhkan keseimbangan.

"Dalam mencari keseimbangan tentu saja perubahan ada dampak dan impact-nya, dalam kebencanaan juga sama, terjadinya gempa gunung meletus itu sesungguhnya alam sedang mencari keseimbangan," ujar Sutopo.

Sutopo juga menyampaikan ungkapan terima kasih atas penganugerahan Tokoh Perubahan Republika 2018 kepadanya. Ia berharap, tokoh perubahan Republika turut menginspirasi semua pihak untuk berubah ke arah lebih baik.

"Saya berharap ini menginspirasi bagi yang lain, meskipun saya juga melakukan pekerjaan (kehumasan) ini, bukan mengharap adanya penghargaan," ujar Sutopo.

Republika kembali menggelar malam penghargaan Tokoh Perubahan Republika 2018. Acara tersebut akan digelar di gedung Djakarta Theater, Jakarta Pusat, pada Rabu (24/4). Bukan kebetulan, kali ini tema yang diambil adalah “Merajut Persatuan untuk Kejayaan Bangsa”.

Rencananya, Sutopo bersama empat tokoh perubahan lainnya akan menerima penghargaan tersebut pada puncak acara yang digelar mulai pukul 200.00 WIB nanti.

Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi mengatakan, penghargaan Tokoh Perubahan Republika yang sudah dimulai sejak 2005 atau 14 tahun lalu itu teguh dengan semangat menularkan inspirasi kebaikan kepada khalayak masyarakat.

Di antara para penerima penghargaan adalah Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Rektor Universitas Muhammadiyah Sorong Rustamadji, Direktur Wahid Institute Yenny Wahid, Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokariyan Ustaz Muhammad Jazir, serta pengusaha asal Papua Barat sekaligus ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bahlil Lahadalia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA