Tuesday, 4 Zulqaidah 1439 / 17 July 2018

Tuesday, 4 Zulqaidah 1439 / 17 July 2018

Swiss German University Gelar CSR Goes to Cirebon

Kamis 27 October 2016 08:05 WIB

Rep: Nora Azizah/ Red: Dwi Murdaningsih

Kegiatan CSR goes to Cirebon kampus Swiss German University.

Kegiatan CSR goes to Cirebon kampus Swiss German University.

Foto: SGU

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON -- Awal September lalu Fakultas Administrasi Bisnis Swiss German University (SGU) menggelar acara Community Service Responsibility (CSR) di SMAN 1 Cirebon, Jawa Barat. Acara dihadiri sekitar 80 siswa yang terdiri dari kelas 10 dan 11. Kepala Jurusan Fakultas Administrasi Bisnis Nendi dan Rachman Sjarief membuka kegiatan dengan welcome speech.

CSR berlangsung dalam bentuk seminar dengan memperkenalkan Business Model Canvas (BMC). Acara dipandu oleh Mochammad Riyadh Rizky Adam salam perkenalan BMC tersebut. BMC bisa menjadi semacam template untuk membantu para pengusaha muda membuat formula bisnis, membangun, serta menghitung nilai. BMC memiliki sembilan analisis, yakni Value, Propositions, Customer Segments, Key Partners, Key Activities, Key Resources, Customer Relationship, Channel, Cost Structure, dan Revenue Streams.

Para siswa dibagi ke dalam 10 grup. Masing-masing grup diminta untuk membuat rencana bisnis dan menyalin idenya ke dalam template BMC. Kemudian pada sesi terakhir masing-masing grup harus presentasi hasil akhir dari rencana bisnisnya. Ide bisnis akan dinilai para juri yang berasal dari SGU. Dari lomba tersebut akan didapat tiga pemenang.

Pemenang ke tiga jatuh pada Owl Corp (the CEO is Hideo Darell Marvian), Juara ke dua diraih Mande Muda (the CEO is Mohammad Ibnun Janan), dan juara pertama berhasil dimenangkan Kekinian Jeh (the CEO is Salma Humaira). Para pemenang mendapatkan hadiah berupa trofi, sertifikat, dan potongan biaya kuliah sebesar Rp 20 juta serta bebas uang registrasi untuk masing-masing peserta.

Para siswa tergolong cukup antusias dan menikmati acara. Bagi mereka, seminar tersebut tidak hanya bermanfaat menambah pengetahuan saja tapi juga belajar membangun bisnis sejak muda. Acara kemudian ditutup dengan sambutan dari para petinggi universitas dan penyerahan apresiasi untuk sekolah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES