Selasa 12 Mar 2019 20:47 WIB

UMM Raih Most Popular Design Kompetisi Jembatan

UMM memenangkan kompetisi jembatan bergengsi tingkat Asia Tenggara.

Universitas Muhammadiyah Malang
Universitas Muhammadiyah Malang

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Tim jembatan ST Langgeng Jaya dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meraih Most Popular Design pada ajang Nanyang Technological University (NTU) Bridge Design Competition 2019 di Singapura. Tak hanya itu, tim yang digawangi Vicky Adjie Saputra dan Novan Surya Adityawan ini juga masuk peringkat 10 besar gelaran kompetisi jembatan bergengsi tingkat Asia Tenggara ini.

Ajang internasional ini merupakan kali pertama diikuti oleh tim jembatan UMM. “Selama ini kita sudah mengikuti dan menjuarai berbagai ajang rancang jembatan di tingkat nasional. Sekarang saatnya kita belajar keluar untuk menancapkan bendera UMM di ajang internasional,” ujar Erwin Rommel, pembimbing Tim ST Langgeng Jaya melalui pesan singkatnya, Selasa (12/3).

Dosen Teknik Sipil UMM ini menjelaskan, pada kompetisi tersebut, jembatan yang dilombakan diuji melalui kriteria efesiensi dan kekuatan. Penilaian ini mengacu pada tema kompetisi yakni Strength, Economic, Sustainability.

”Jadi pihak panitia memberitahukan apa yang harus dibuat, beberapa jam sebelum pertandingan. Yang dinilai dari sisi penggunaan bahan seefisien mungkin, serta mampu menahan beban uji seberat mungkin, sampai pada titik hancurnya,” ujarnya.

Setidaknya, terdapat 38 tim yang berkompetisi dalam ajang yang diikuti oleh berbagai Universitas di Asia Tenggara. Tak ketinggalan, kampus-kampus bergengsi dalam negeri pun turut meramaikan. Seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), termasuk Surya Team UMM.

Sebelum ajang ini dimulai, kata dia, ada beberapa persiapan dan kesiapan yang telah dilakukan tim. Di antaranya dengan menguji coba beberapa jenis desain jembatan. "Lalu kita evaluasi dan perbaiki sehingga kita mampu menemukan desain yang pas,” ujar Erwin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement