Sabtu, 7 Zulhijjah 1439 / 18 Agustus 2018

Sabtu, 7 Zulhijjah 1439 / 18 Agustus 2018

MDMC Juarai Kompetisi Poster Internasional di AS

Sabtu 14 Juli 2018 20:05 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Esthi Maharani

Kompetisi Map Galerry di Konferensi Pengguna Geographic Information System' (GIS), San Diego, AS, Sabtu (14/7).  Dalam kompetisi itu, poster Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) sukses meraih juara satu.

Kompetisi Map Galerry di Konferensi Pengguna Geographic Information System' (GIS), San Diego, AS, Sabtu (14/7). Dalam kompetisi itu, poster Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) sukses meraih juara satu.

Foto: dok MDMC
MDMC berhasil menyabet kategori people's choice dengan lebih dari 400.000 vote.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) berhasil meraih juara satu kompetisi poster internasional Konferensi Pengguna Geographic Information System (GSI). Kompetisi digelar di San Diego, Amerika Serikat.

Kompetisi dihadiri 18.000 peserta yang berasal dari 100 negara. Sedangkan, untuk kompetisi Map Gallery MDMC bersaing dengan 1.075 peserta, dan MDMC diwakili Ahmad Muttaqin Alim bersama tim.

Pemenang dibagi dalam beberapa kategori seperti people's choice berdasarkan voting. Dalam kategori ini, MDMC berhasil menyabet kategori tersebut dengan lebih dari 400.000 vote.

Ketua MDMC Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Budi Setiawan menekankan, penggunaan teknologi informasi dalam kebencanaan jadi sebuah keniscayaan. Walau belum menggunakan teknologi secara menyeluruh, MDMC sudah merasakan manfaatnya.

"Apalagi, dengan berkembangnya teknologi Geographic Information System (GIS) dapat secara cepat mengetahui adanya bencana alam secara dini dan akurat," kata Budi, Sabtu (14/7).

Termasuk, lanjut Budi, teknologi informasi spasial, yang titik lokasinya secara cepat dapat diketahui. Belum lagi, lokasi yang dimaksud tidak cuma lokasi bencana, tapi tempat-tempat vital.

"Serta, titik pergerakan relawan beserta data, sehingga koordinasi dan komunikasi bisa dilakukan dengan cepat," ujar Budi.

Untuk itu, lewat keikutsertaan MDMC dalam pengiriman poster pada Konferensi Pengguna GIS di San Diego, sedikit banyak menunjukkan kesiapan MDMC. Termasuk, untuk menggunakan teknologi yang berkemajuan tersebut.

Dengan perolehan ini, Budi berharap dan mengaku akan mendorong kerja sama MDMC dengan perguruan tinggi. Utamanya, untuk penggunaan teknologi informasi spasial dan pembuatan POS Koordinasi berbasis GIS.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES