Rabu, 11 Zulhijjah 1439 / 22 Agustus 2018

Rabu, 11 Zulhijjah 1439 / 22 Agustus 2018

Tim Robotik SMP Muhammadiyah Raih Emas di Malaysia

Senin 16 April 2018 17:33 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Gita Amanda

Tim Robotik SMP Muhammadiyah 22 Pamulang memboyong piala emas dan perak dari kompetisi robotik Asian Junior Robocup 2018.

Tim Robotik SMP Muhammadiyah 22 Pamulang memboyong piala emas dan perak dari kompetisi robotik Asian Junior Robocup 2018.

Foto: SMP MUhammadiyah 22 Pamulang
Kompetisi melibatkan 50 sekolah dari Indonesia dan Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- SMP Muhammadiyah 22 Pamulang meraih medali emas Brickspeed Competition dan medali perak Dtine Racing Comoetition. Kompetisi robotik ajang Asian Junior Robocup 2018 ini berlangsung pada 5 April 2018 di Malaysia.

Pelatih tim robotik SMP Muhammadiyah 22 Setiabudi Pamulang, Hikmatul Fitri, mengatakan kompetisi tersebut diikuti oleh 50 sekolah dari dua negara, Indonesia dan Malaysia. Indonesia, kata dia, berhasil membawa pulang medali emas untuk katagori brickspeed, satu perak untuk drone race, dan Excellent Award masing-masing untuk katagori sumo dan creative robot.

"Ini adalah hasil kerja keras anak-anak dalam latihan selama ini. Semoga mereka semakin terpacu untuk terus berkreativitas dan berprestasi," ujar Fitri melalui siaran pers kepada Republika.co.id, Senin (16/4).

Dalam ajang kompetisi robotik tersebut menurut Fitri banyak sekali pengalaman yang didapatkan peserta didik. Selain sebagai ajang untuk mengasah kemampuan peserta, ternyata banyak sekali pelajaran dan tukar pengalaman dari peserta lain.

Di era modern berbasis teknologi dan digital seperti sekarang ini, menurut Fitri, menuntut manusia untuk berpikir lebih aktif dan kreatif. Tujuannya supaya mampu beradaptasi dengan perkembangan informasi dan teknologi yang sangat cepat.

Oleh karenanya, penyelenggara pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi saat ini ditantang untuk tidak lagi sekadar memfokuskan pada prestasi akademik tetapi juga harus mampu mengembangkan aspek kreativitas dan perilaku positif peserta didik. Robotik adalah salah satu kegiatan yang dianggap mampu mengembangkan nilai-nilai tersebut.

Tidak sedikit, ujar Fitri, sekolah yang menjadikan robotik sebagai kegiatan unggulan pada program ekstrakurikuler mereka. Tidak mengherankan juga jika kemudian banyak lembaga yang menyelenggarakan kompetisi robotik, seperti Asian Junior Robot Cup yang diselenggarakan oleh Asian Robotic Competition Committee (ARCC) di International Islamic School of Malaysia (IISM) ini.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES