Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Gelar Rakernas, PDIP Konsolidasi Kawal Pemerintah

Rabu 11 Dec 2019 19:36 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Teguh Firmansyah

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersama para pengurus partai memberikan keterangan terkait persiapan HUT PDIP ke-47 dan Rakernas I PDIP di Jakarta, Rabu (11/12).

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersama para pengurus partai memberikan keterangan terkait persiapan HUT PDIP ke-47 dan Rakernas I PDIP di Jakarta, Rabu (11/12).

Foto: Republika/Prayogi
Rakernas akan menjadi ajang konsolidasi PDIP.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menggelar rapat kerja nasional (rakernas). Kegiatan rutin tersebut rencananya akan dilaksanakan pada 10 hingga 12 Januari 2020 nanti di Jakarta.

Partai berlogo banteng moncong putih itu memaparkan, rakernas akan menjadi ajang konsolidasi PDIP. Tiga pilar partai yakni struktural, eksekutif dan legislatif akan berkonsolidasi bersama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan seluruh jajaran kementerian.

"Kami akan konsolidasi terkait kebijakan Indonesia Maju," kata Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Rabu (11/12). 

Ketua DPP Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat mengatakan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah menginstruksikan konsolidasi seluruh tingkatan mulai dari anak ranting sampai pusat. Mega berharap Januari 2020 seluruh struktur partai sudah terbentuk.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan, struktur partai paling bawah rencananya akan dilibatkan untuk memperkuat jati diri sebagai bangsa. "Kenapa penting, karena ini akan mendukung kerja, program, dan implementasi program Presiden Joko Widodo dan Wakil PresidenMa'ruf Amin," kata Djarot lagi.

Ketua Bappilu DPP PDIP Bambang Wuryanto mengatakan bahwa dalam Rakernas itu juga akan diberikan dukungan dan konsultasi kepada calon kepala daerah yang akan diusung partai. Dia menjelaskan, hal itu dilakukan mengingat mereka akan melaksanakan tugas partai nanti.

Meski demikian, dia tidak mengungkapkan siapa saja calon PDIP yang akan bersaing memperebutkan kursi kepala daerah. Dia mengatakan, rekomendasi sosok yang akan dicalonkan tetap berada di tangan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Tidak cuma konsolidasi, dan membahas haluan negara yang berakar pada kebudayaan, Rakernas dan HUT ke-47 PDIP itu juga menggelar berbagai kegiatan. Salah satunya adalah pameran berbagai bidang.

Rakernas I yang akan dihadiri 4.371 peserta itu mengangkat tema "Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional". Rakernas juga mengambil sub tema "Strategi Jalur Rempah dalam Lima Prioritas Industri Nasional untuk Mewujudkan Indonesia Berdikari".

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA