Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Wasekjen PAN Sebut Pesan Amien Penting untuk Referensi

Ahad 04 Aug 2019 13:43 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andri Saubani

Amien Rais

Amien Rais

Foto: dok. Republika
Amien Rais meminta PAN menjadi oposisi terhadap pemerintah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Daulay menanggapi pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang berharap agar DPP PAN menjadi oposisi yang bermartabat. Menurut Saleh, pandangan dan pemikiran Amien tersebut sangat penting untuk didengar dan dijadikan referensi oleh pengurus dan para kader PAN.

“Pendapat dan pemikiran seperti itu sudah sering disampaikan pak Amien. Beliau menyampaikannya di luar kepentingan pribadi. Karena itu, pendapat dan pemikiran itu bisa dikatakan sangat objektif dan didasarkan pada fenomena dan dinamika sosial politik yang ada," kata Saleh, Ahad (4/8).

Sebagai pendiri, tokoh senior dan ketua dewan kehormatan PAN, saleh menilai Amien Rais berhak menyampaikan pandangan dan pemikirannya. Soal keputusan resminya, akan dibahas dan ditetapkan di dalam rapat kerja nasional (rakernas).

Anggota Komisi IX DPR tersebut menuturkan bahwa ketua umum PAN Zulkifli Hasan juga memiliki peran penting dalam menentukan sikap politik PAN. Ia mengatakan bahwa saat ini, Zulkifli sedang memetakan dinamika politik yang berkembang untuk selanjutnya diselaraskan dengan masukan dan pandangan dari tokoh senior, kader, simpatisan, dan masyarakat.

"Diharapkan, PAN akan mengambil keputusan terbaik yang membahagiakan semua pihak," ujarnya.

Ia juga tak memungkiri bahwa saat ini PAN telah banyak menerima aspirasi dari sejumlah masyarakat. Termasuk aspirasi yang mengatakan agar PAN berada di luar pemerintahan.

"PAN tentu akan berupaya sedapat mungkin untuk tetap dekat dengan masyarakat pemilihnya. PAN tidak mau mengecewakan mereka. PAN menyadari bahwa perjuangan politik yang selama ini dilakukan tidak memiliki makna apa-apa jika tanpa dukungan dari masyarakat luas," ungkapnya.

Sebelumnya, Amien Rais menyebut partainya tidak akan lolos ambang batas parlemen pada Pemilu 2024 jika tidak mengambil langkah sebagai oposisi. Melalui surat yang ditulisnya, Amien yakin PAN akan kehilangan dukungan masyarakat jika masuk dalam koalisi pemerintah.

“Kalau PAN mendukung tanpa syarat pemerintahan Jokowi, masyarakat luas sangat sinis dan jangan harap PAN bisa lolos treshold pileg yang akan datang,” kata politikus senior PAN, Icu Zulkafril membacakan surat Amien Rais dalam sebuah diskusi di Jakarta, Jumat (2/8).

Mantan ketua dewan instruktur PAN itu mengatakan, pernyataan itu ditulis Amien Rais menggunakan tulisan tangan tertanggal 1 Agustus 2019. Dalam surat tersebut, Amien menyatakan bahwa sikap oposisi lebih bermartabat, terhormat, dan sesuai aspirasi mayoritas anggota dan para pemilih PAN.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA