Rabu, 21 Zulqaidah 1440 / 24 Juli 2019

Rabu, 21 Zulqaidah 1440 / 24 Juli 2019

KPU Akui Entry Data Situng Alami Keterlambatan

Jumat 26 Apr 2019 09:23 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Esthi Maharani

Relawan mengentri data dan pindai form C1 hitung cepat berbasis aplikasi Sistem Informasi Penghitungan Suara (SITUNG) Pemilu tahun 2019 KPU Se-Provinsi DKI Jakarta, Sabtu, (20/4).

Relawan mengentri data dan pindai form C1 hitung cepat berbasis aplikasi Sistem Informasi Penghitungan Suara (SITUNG) Pemilu tahun 2019 KPU Se-Provinsi DKI Jakarta, Sabtu, (20/4).

Foto: Republika/Prayogi
Entry data ke dalam Situng tidak berjalan sesuai target

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Evi Novida Ginting Manik, mengatakan, proses entry data hasil pemilu ke dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) tidak berjalan sesuai target. Proses tersebut molor dari jadwal yang ditentukan.

Menurut Evi, entry data Situng ditargetkan selesai dalam lima hari. Namun,  hingga delapan hari pascapemungutan suara, data Situng belum juga terselesaikan.

Hingga Kamis (25/4) malam tadi, data scan C1 yang sudah dimasukkan ke dalam Situng baru mencapai 34 persen. "Sebenarnya lima hari kita maunya sudah selesai, tapi kan ini ada persoalan bahwa meng-input, meng-entry itu tidak semudah yang kita ucapkan," kata Evi di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis malam.

Pada dasarnya, kata dia, penghitungan suara tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya saja, proses pencatatan hasil penghitungan suara ke formulir C1 membutuhkan waktu panjang.

Proses tersebut juga memerlukan ketelitian dan konsentrasi yang cukup untuk menghindari adanya kesalahan. "Kemudian data ini dibawa ke kabupaten/kota, nah mereka mengerjakan entry juga membaca satu-satu, menuliskan, menuangkan kembali, makanya human error bisa terjadi di sana," ungkap Evi.

Meski tidak sesuai target, Evi berharap entry data Situng bisa cepat selesai. Dia meminta jajaran petugas untuk bekerja secara maksimal, memasukan data scan C1 ke Situng.

Dia pun meminta petugas meminimalisir kesalahan entry data. "Saya pikir ya nggak ada batas waktulah. Mudah-mudahan selesai pekerjaan semuanya, kemudian sudah bisa istirahat dengan cukup. Mudah-mudahan ya," tambahnya. 

Sementara itu, Jumat (26/4) dinihari, entry data situng mengalami penambahan sekitar satu persen. Berdasarkan data dari laman resmi KPU,  pukul 05.00 WIB,  entry data situng mencapai 35,75 persen. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA