Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

KPPS Bertumbangan, Gubernur Jabar: Mereka Pahlawan Pemilu

Sabtu 20 Apr 2019 21:34 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan sambutan pada acara Festival Literasi 2019 di Halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (20/4).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan sambutan pada acara Festival Literasi 2019 di Halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (20/4).

Foto: Abdan Syakura
Jabar akan membangun monumen pahlawan pemilu.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG— Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil, mengatakan 12 orang petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di Jawa Barat yang meninggal dunia saat atau seusai bertugas terkait pelaksanaan Pemilu 2019 adalah pahlawan pemilu.

Baca Juga

"Petugas KPPS yang meninggal tersebut sebagai pahlawan pemilu," kata Gubernur yang akrab disapa Emil ini seusai melantik kepala daerah Kota Bogor dan Kabupaten Ciamis, di Gedung Sate Bandung, Sabtu (20/4).

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini mengusulkan ke-12 nama petugas KPPS tersebut diabadikan di Museum Demokrasi yang akan dibangun Pemprov Jawa Barat bekerja sama dengan KPU maupun Bawaslu.

"Memang ada rencana membangun Museum Demokrasi dan di dalamnya akan ada tribute to pahlawan pahlawan demokrasi," kata dia.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menyatakan hingga 19 April 2019, tercatat ada 12 orang petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang meninggal dunia terkait pelaksanaan Pemilu 2019.

"(Petugas KPPS di Jabar yang meninggal dunia) tambah menjadi 12, tambah dua jadi 12 orang yang meninggal. Itu di sembilan kota/kabupaten," kata Ketua KPU Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok, di Gedung Sate Bandung. 

 

 

   

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA