Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Zulkifli Minta Penghitungan Manual KPU Dipercepat

Kamis 18 Apr 2019 16:53 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andi Nur Aminah

Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan

Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan

Foto: Istimewa
Zulkifli minta ini dilakukan agar kepastian bisa didapat sesegera mungkin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyikapi penghitungan cepat yang telah dilakukan sejumlah lembaga survei pascapencoblosan 17 April 2019 kemarin. Ia mengimbau kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk segera mempercepat proses penghitungan. "Ini agar kepastian bisa didapat sesegera mungkin," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (18/4).

Baca Juga

Ia juga meminta KPU untuk menampilkan hasil penghitungan manual dan C1 di laman resmi KPU. Hal itu dinilai penting agar transparansi dan pemilu yang jujur, adil, dan terbuka bisa terwujud. "Sehingga hasilnya bisa legitimate dan dipercaya oleh masyarakat luas. Jadi sekali lagi saya mengimbau KPU untuk segera menyelesaiakn tugas-tugasnya," tutur ketua umum PAN itu.

Selain itu, ia juga meminta kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk segera merespons dugaan kecurangan pemilu kepada masyarakat. Hal itu dinilai penting agar tidak terjadi kesalahpahaman di masyarakat.

"Kalau ada yang dianggap kecurangan-kecurangan, Bawaslu, aparat penyelenggara pemilu lainnya untuk segera merespons menjelaskan kepada publik menyampaikan agar tidak terjadi kesalahpahaman, agar cepat, responsnya cepat," tuturnya. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA