Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

Difabel Netra di Bandung Semangat Salurkan Hak Pilih

Rabu 17 Apr 2019 20:15 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Muhammad Hafil

Petugas membantu seorang difabel tunanetra memasukan surat suara ke dalam kotak suara di Tempat Pemungutan Suara (Ilustrasi).

Petugas membantu seorang difabel tunanetra memasukan surat suara ke dalam kotak suara di Tempat Pemungutan Suara (Ilustrasi).

Foto: Mahmud Muhyidin
Para difabel netra kebanyakan membawa pendamping.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sejumlah difabel netra di Kota Bandung berduyun-duyun datang ke TPS 6 dan 7 di Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Wyata Guna, Jalan Pajajaran, Kelurahan Pasir Kaliki, Kecamatan Cicendo, Rabu (17/4). Kendati memiliki keterbatasan penglihatan, namun sejumlah penyandang tunanetra di Kota Bandung tak kehilangan semangat untuk memberikan hak pilihnya.

Baca Juga

Di dua TPS tersebut memang menyiapkan logistik khusus untuk para penyandang tunanetra. Yakni dsediakan cetakan braile sebagai penuntun untuk surat suara.

"Tapi mereka (tunanetra) rata-rata bawa pendamping. Kalau tidak juga kita tetap dampingi, itu pun kalau mereka minta," kata Lulu Ridwan, Ketua Kelompok‎ Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 07 Kelurahan Pasir Kaliki, Rabu (17/4).

Lulu menuturkan, di TPS 07 ini terdata sebanyak 49 penyandang tunanetra dari 229 warga yang masuk dalam ‎Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sementara itu, di TPS ‎06, yang lokasinya bersebalahan terdata sebanyak 222 orang DPT. Di dalamnya sudah termasuk 48 orang penyandang tunanetra.

"Mereka kebanyakan bawa keluarga atau orang terdekatnya untuk mendampingi. Tapi ada juga yang tidak bawa," ucap Suryaman, Ketua KPPS TPS 06 Kelurahan Pasir Kaliki, Kecamatan Cicendo.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial sangat terkesan dengan antusiasme kaum disabilitas yang antusias mengikuti Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Sekalipun memiliki keterbatasan dalam penglihatan, namun menurutnya penyandang disabilitas juga tetap memiliki hak suara.

"Saya sudah memantau. Semoga semua masyarakat termasuk yang disabilitas bisa memanfaatkan hak pilihnya di TPS masing-masing. Sehingga bisa menaikan angka partisipasi pemilu serentak ‎ini," kata Oded.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA