Kamis, 21 Zulhijjah 1440 / 22 Agustus 2019

Kamis, 21 Zulhijjah 1440 / 22 Agustus 2019

Media Asing: Jokowi-Maruf Pimpin Perolehan Suara Pemilu 2019

Rabu 17 Apr 2019 18:38 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini

Calon Presiden Joko Widodo bersama calon wakil presiden Ma'ruf Amin dan para ketua partai koalisi menggelar konfrensi pers di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (17/4).

Calon Presiden Joko Widodo bersama calon wakil presiden Ma'ruf Amin dan para ketua partai koalisi menggelar konfrensi pers di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (17/4).

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Keunggulan perolehan suara untuk Jokowi-Maruf menjadi perhatian media internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil penghitungan cepat atau quick count suara dalam Pemilu 2019 yang menggambarkan kemenangan pasangan Joko Widodo-Maruf Amin menjadi perhatian media internasional. Kantor berita Reuters, menuliskan artikel kemenangan pasangan Joko Widodo-Maruf Amin unggul dalam pemungutan suara terbesar dengan judul 'Indonesia's Widodo on course for victory as election results roll in'.

"Pasangan 01 Jokowi - Amin dalam penghitungan suara cepat memperkirakan masa jabatan lima tahun Jokowi untuk revolusi mentalnya," tulis Reuters.

Baca Juga

Data dari enam lembaga berdasarkan jumlah sampel parsial menunjukkan bahwa Jokowi-Amin menang lebih dari separuh hasil perhitungan suara, unggul dari oposisi, capres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hingga kisaran 11,4 persentase.

Media Singapura, Channel News Asia juga memberitakan kemenangan Jokowi-Amin pada perhelatan pemilu Indonesia. Dengan artikel berjudul 'Indonesia president Jokowi leads in early election vote count against Prabowo: Pollsters', CNA mencatat perolehan penghitungan suara cepat dari Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS) yang menempatkan capres 01 menang 56,7 persen suara, di atas 43,3 persen dari capres 02.

"Kami belum mengklaim apapun. Data kemungkinan akan stabil pada perolehan suara 90 persen. Staf kami masih memvalidasi data," ujar Direktur Eksekutif CSIS, Philips Vermonte.

Media Inggris, BBC memberitakan dengan artikel berjudul 'Indonesia election: Widodo 'leads'. Beberapa jam usai pemungutan suara, sejumlah lembaga survei melakukan penghitungan suara sementara yang menunjukkan kemenangan pasangan capres cawapres nomor urut 01. 

"Lebih dari dari 192 juta rakyat memenuhi syarat untuk memberikan suara untuk memilih 20 ribu anggota parlemen lokal, dan nasional termasuk presiden," tulis BBC.

BBC bekerja sama dengan Litbang Kompas yang menempatkan Jokowi - Amin unggul dengan 54 persen suara, sementara Prabowo-Sandi 45 persen suara. "Namun, Pak Prabowo mengatakan kepada wartawan bahwa data timnya menunjukkan dia unggul, dengan lebih dari 50 persen suara," ujarnya.

Media Amerika Serikat (AS), CNN dengan artikelnya berjudul 'Early results show President Joko Widodo take a lead in Indonesia's elections'. CNN juga melaporkan hasil awal dari pemilihan umum (Pemilu) 2019 yang dimenangkan oleh Jokowi - Amin. "Joko Widodo memimpin dari saingan lamanya, dan mantan sosok kuat militer Prabowo Subianto," tulis CNN. Kendati demikian, hasil resmi Pemilu 2019 dari komisi pemilhan umum (KPU) Indonesia baru akan diumumkan paling lambat pada 22 Mei.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA