Sabtu, 20 Ramadhan 1440 / 25 Mei 2019

Sabtu, 20 Ramadhan 1440 / 25 Mei 2019

Mega Imbau Warga tak Golput

Selasa 16 Apr 2019 16:41 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Teguh Firmansyah

Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.

Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.

Foto: Antara/Aprillio Akbar
Mega mengajak masyarakat untuk perjuangkan pemilu secara luber dan jurdil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengimbau masyarakat untuk tidak golput. Dia mengajak warga untuk bersama menggunakan hak konstitusionalnya guna memilih dengan cermat dan tepat.

Baca Juga

"Setiap warga negara yang punya hak pilih dilindungi hak konstitusionalnya untuk memilih," kata Megawati Soekarnoputri dalam perintah harian yang dibacakan Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Selasa (16/4).

Mega juga mengajak masyarakat untuk memperjuangkan Pemilu serentak agar terlaksana secara langsung, umum, bebas rahasia, jujur dan adil berdasarkan demokrasi Pancasila. Dia meminta semua pihak untuk menjaga tempat pemungutan suara (TPS)

"Tempatkan saksi partai untuk pemilihan legislatif dan saksi pemilihan presiden-wakil presiden dengan mewujudkan rasa aman bagi rakyat untuk memilih, bebas dari intimidasi," katanya.

Presiden keempat Indonesia itu menegaskan, pemilih yang sudah terdaftar harus tetap dilayani untuk mempergunakan hak pilihnya walaupun waktu sudah menunjukkan lewat pukul 13:00 wib. Dia berpendapat, siapapun yang menghalang-halangi penggunaan hak pilih itu dikategorikan sebagai pelanggaran pidana Pemilu.

"Pemilu adalah manifestasi dari kedaulatan rakyat. Siapapun yang mengganggu jalannya Pemilu harus diproses hukum sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku," katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA