Tuesday, 13 Zulqaidah 1440 / 16 July 2019

Tuesday, 13 Zulqaidah 1440 / 16 July 2019

KPU Bangka Barat Lomba Swafoto Pemilu 2019

Senin 08 Apr 2019 14:42 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Warga memperlihatkan jari yang telah diberikan tinta usai mencoblos (ilustrasi)

Warga memperlihatkan jari yang telah diberikan tinta usai mencoblos (ilustrasi)

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Foto diambil dengan latar belakang TPS dan wajib menunjukkan jari yang bertinta.

REPUBLIKA.CO.ID,MUNTOK --  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan menggelar lomba swafoto untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019. "Kami berharap terobosan baru tersebut mampu meningkatkan partisipasi pemilih datang ke TPS pada pelaksanaan pencoblosan 17 April 2019," kata anggota KPU Kabupaten Bangka Barat, Yulizar di Muntok, Senin (8/4).

Ia menjelaskan, pemilih yang mengikuti lomba itu bisa menampilkan foto hasil swafoto dengan objek diri sendiri atau kelompok. Foto diambil dengan latar belakang lingkungan TPS (tempat pemungutan suara, Red), dan peserta wajib menunjukkan bukti jari yang telah dicelup tinta sebagai bukti telah mencoblos.

Baca Juga

Selanjutnya, hasil foto dikirim melalui akun media sosial milik KPU Kabupaten Bangka Barat. "Pemenang lomba akan kami berikan penghargaan dan hadiah," ujarnya.

Dengan adanya lomba swafoto tersebut, penyelenggara berharap jumlah partisipasi pemilih semakin meningkat sekaligus menciptakan kegembiraan dalam pelaksanaan pencoblosan di setiap TPS. Menurut dia, kegembiraan suasana pencoblosan yang digelar di setiap TPS ditambah dengan tampilan menarik dan kreatif diyakini akan semakin memeriahkan pesta demokrasi.

"Kami berharap melalui pola yang dikembangkan mampu memenuhi target partisipasi 80 persen dari 128.716 pemilih yang terdata dalam daftar pemilih tetap Kabupaten Bangka Barat, " kata Yulizar. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA