Jumat, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 Januari 2020

Jumat, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 Januari 2020

Jokowi Sapa Pendukung di Sorong

Senin 01 Apr 2019 23:42 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Ratna Puspita

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kiri) meninjau proses pembangunan Stadion Papua Bangkit di Jayapura, Papua, Senin (1/4/2019).

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kiri) meninjau proses pembangunan Stadion Papua Bangkit di Jayapura, Papua, Senin (1/4/2019).

Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Jokowi berjanji merampungkan pembangunan infrastruktur di Sorong, Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, SORONG -- Calon presiden (capres) Joko Widodo (Jokowi) menyapa para pendukungnya di Sorong, Papua Barat. Pertemuan itu dilakukan saat capres pejawat itu tengah melakukan kampanye terbuka di Aimas Convention Center, Ahad (1/4).

Baca Juga

Dalam kesempatan itu, Jokowi berjanji merampungkan pembangunan infrastruktur yang sedang dilakukan pemerintah di wilayah tersebut. Jokowi mengatakan, hal tersebut dilakukan guna menyambungkan akses dari satu kabupaten atau kota ke kabupaten atau kota lainnya.

"Ada dari Pak Pak ke Kaimana yang belum tersambung, tapi saya janji 2020 itu sudah tersambung," kata Jokowi saat menyampaikan orasi politik di Sorong.

Jokowi mengatakan, pemerintah juga akan segera mengaspal jalan yang menang sudah menyambunngkan anyar kabupaten atau kota namun belum diaspal. Dia berjanji, hal itu akan segera dirampungkan tahun ini.

Selain akses jalan, mantan gubernur DKI Jakarta itu juga menyoroti pengembangan bandara serta pelabuhan yang berada di Papua Barat. Dia mengatakan, ada beberapa bandara dimana landasan pacunya masih harus diperpanjang.

Kebutuhan akan pengembangan infrastruktur itu dia dapatkan dari Gubernur Papua Barat yang mengaku membutuhkan kemajuan tersebut. Pengembangan serupa, dia mengungkapkan, juga akan dilakukan sejumlah pelabuhan.

Jokowi mengatakan, akan memperbesar pelabuhan yang ada di Papua. "Jadi memang infrastruktur di Papua itu sangat dibutuhkan sekali karena akan menumbuhan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru," katanya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga meminta seluruh tim pemenangan, relawan, dan masyarakat untuk membantundirinya mengantoni suara di atas 80 persen di Papua Barat. Dia mengatakan, angka tersebut akan mudah dicapai mengingat sedanggupan yang telah diberikan kepala daerah serta tim pemenangan di kawasan tersebut.

"Tahun 2014 saya dan pak JK (Jusuf Kalla) di Papua Barat dapat 67 persen. Namun tahun 2019 kita ingin Jokowi-Ma'ruf Amin bisa menang di atas 80 persen, Setuju?" seru Jokowi.

Sebelumnya, kedatangan Jokowi segera disambut warga Sorong. Jokowi mendarat di bandara Domine Eduard Osok, Sorong pada pukul 21. 39 WIT. Dia datang ditemani ibu negara Iriana Jokowi, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir serta Dewan Pengarah TKN Pramono Anung.

Saat berjalan perlahan di area bandara, Jokowi disambut meriah oleh warga yang sudah menunggu kedatanganya. Akibatnya mobilnya tersendat. Jokowi pun kemudian menyapa warga dengan berdiri di mobilnya.

Ia melempar senyum kepada warga, dan menyalami warga setempat. Jokowi juga sempat membagikan kaos kepada warga melalui kaca mobilnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA