Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

TKN Usulkan Empat Nama Moderator Debat Capres

Jumat 22 Mar 2019 19:55 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Andri Saubani

Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN), Aria Bima  di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/3).

Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN), Aria Bima di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/3).

Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Debat antarcapres akan dilaksanakan pada 30 Maret.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Program TKN Jokowi-Maruf Amin, Aria Bima, mengatakan, pihaknya mengusulkan empat nama untuk menjadi moderator debat capres mendatang. Nama-nama moderator debat dipastikan diputuskan pada pekan depan.

Sebelumnya, pihak media penyelenggara debat capres sudah mengusulkan dua nama untuk menjadi moderator debat. Keduanya yakni Kania Sutisnawinata dan Rian Wiedaryanto.

Namun, kedua nama ini belum disepakati oleh TKN dan BPN Prabowo-Sandiaga Uno. Adapun, keempat nama moderator yang diusulkan TKN adalah presenter SCTV Reza Ramadhansyah dan Zulfikar Naghi serta presenter Metro TV Kania Sutisnawinata dan Aviani Malik.

“Untuk usulan dari TKN 01 ada empat nama yang nanti masih sebagai bahan rapat berikutnya yang akan diputuskan secara bersama-sama kembali antara KPU, TKN dan BPN," ujar Aria kepada wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/3).

Aria melanjutkan, usulan empat nama dari TKN itu mempertimbangkan kondisi debat cawapres pada 17 Maret lalu. Pada saat ini, TKN menilai ada kekompakan antara jurnalis senior dan jurnalis junior, yakni Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas.

“Kami hanya melihat antara konfigurasi senior dan junior dan kita ingin seperti Alfito-Putri kemarin itu, yang saling melengkapi. Kami ingin terus ada konfigurasi itu, ada senior, ada juniornya juga yang lebih bisa membuat cair,” jelas Aria.

Dia melanjutkan, pada akhirnya moderator ini akan disepakati oleh KPU, TKN dan BPN  sebagaimana diatur dalam UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017. Nantinya, akan dipilih dua moderator yang disepakati bersama oleh ketiga pihak.

“Karena hanya moderator menurut undang-undang untuk bisa disepakati atas saran dari kedua belah pihak,” pungkas dia.

Sebagaimana diketahui, debat keempat atau debat capres akan diselenggarakan di Hotel Shangrila, Jakarta pada 30 Maret mendatang. Debat ini akan mempertemukan kembali Jokowi dan Prabowo sebagai capres.

Tema debat keempat adalah ideologi, pemerintahan, keamanan, dan hubungan internasional. Debat keempat pilpres ini akan disiarkan secara langsung oleh MetroTV, SCTV, dan Indosiar. Ketiga media ini sekaligus direncanakan menjadi penyelenggara debat capres.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA