Monday, 19 Zulqaidah 1440 / 22 July 2019

Monday, 19 Zulqaidah 1440 / 22 July 2019

Kampanye Perdana, Jokowi Temui Pendukungnya di Banten

Ahad 24 Mar 2019 18:46 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Ratna Puspita

Presiden Joko Widodo (kedua kiri).

Presiden Joko Widodo (kedua kiri).

Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Jokowi mengampanyekan tiga kartu sakti yang diinisiasi beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, CICERA -- Calon presiden (capres) Joko Widodo (Jokowi) mengawali kampanye terbuka dengan menyapa para pendukungnya di Stadion Maulana Yusuf, Cicera, Serang Banten pada Ahad (24/3). Dalam kesempatan itu, Jokowi kembali mempromosikan tiga kartu sakti yang diinisiasi beberapa waktu lalu.

"Tapi ini adalah program baru yang akan kita laksanakan mulai tahun depan, setelah kita semua melewati Pilpres pada 17 April nanti," kata Jokowi saat menyampaikan orasi politiknya.

Baca Juga

Program tiga kartu sakti, yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah, Kartu Sembako Murah, dan Kartu Pra-Kerja. Jokowi mengatakan, anak-anak lulusan SMA, SMK hingga perguruan tinggi diminta untuk mencari kartu pra-kerja guna menerima kepastian mendapat pekerjaan.

Dia mengatakan, kartu tersebut nantinya akan memberikan pelatihan baik di kementerian, BUMN, atau Balai Latihan Kerja (BLK). Capres nomor urut 01 itu melanjutkan, pelatihan itu nantinya dilakukan baik di dalam maupun di luar negeri guna memudahkan mencari pekerjaan.

"Tapi kalau belum dapet pekerjaan akan ada insentif honor enam bulan hingga satu tahun sampai dapat kerja," kata Jokowi.

Kartu lainnya yang diperkenalkan adalah kartu sembako murah. Jokowi juga kembali mengampanyekan KIP kuliah. Dia mengimbau, warga yang tidak mampu, tetapi ingin berkuliah untuk mencari kartu tersebut.

Dalam kampanye perdana itu, Jokowi juga melakukan simulasi pencoblosan surat suara. Mantan gubernur DKI Jakarta itu mempraktekan di depan massa pendukungnya untuk memberikan suara mereka kepada dirinya dan Ma'ruf Amin selanjutnya memasukan kertas ke kotak suara.

"Saya titip, ingat bahwa hari Rabu 17 April itu jangan lupa pilih yang baju putih, saya ulang pilih yang baju putih karena putih adalah kita," kata Jokowi.

Sementara, hadir dalam kampanye terbuka perdana itu adalah Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto, Ketua Umum PSI Grace Natalie, Ketua Umum PKPI Diaz Hendroproyono, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo.

Kegiatan itu juga dihadiri Ketua TKN KIK Erick Thohir dan Ketua Harian TKN Moeldoko. Hadir pula Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Sayangnya, cawapres Ma'ruf Amin batal menghadiri kampanye terbuka perdana itu.

Masa kampanye politik dan iklan kampanye pemilu terbuka akan dimulai Ahad (24/3) hingga 13 April 2019. Bawaslu meminta para peserta Pemilu 2019, yaitu 16 partai politik dan pasangan capres-cawapres mengedepankan adu gagasan dan program.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA