Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

Bawaslu: ASN Dilarang Ikuti Kampanye Rapat Terbuka

Jumat 22 Mar 2019 21:15 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Andi Nur Aminah

Anggota Bawaslu, Rahmat Bagja, ketika dijumpai di Kantor Bawaslu, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (30/4).

Anggota Bawaslu, Rahmat Bagja, ketika dijumpai di Kantor Bawaslu, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (30/4).

Foto: Republika/Dian Erika Nugraheny
ASN dilarang ikut kampanye terbuka meskipun dilakukan di hari Sabtu dan Ahad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), mengatakan aparatur sipil negara (ASN) dilarang mengikuti kegiatan kampanye terbuka. Hal ini sebagaimana surat edaran dari pemerintah kepada ASN.

"ASN tidak boleh hadir di kampanye rapat terbuka. Sebab ASN tidak boleh berpihak," ujar anggota Bawaslu Rahmat Bagja kepada wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/3).

Baca Juga

Dia melanjutkan, berdasarkan aturan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah menegaskan bahwa ASN tidak boleh datang ke kampanye terbuka. Meski kegiatan kampanye terbuka dilakukan pada akhir pekan (Sabtu dan Ahad), ASN tetap dilarang hadir.

"Kami sebelumnya pernah menyatakan boleh hadir, tetapi kemudian ada aturan dari BKN sehingga kami revisi. Sebab aturan dari BKN tidak memperbolehkan," tegas Bagja.

Artinya, ASN harus patuh kepada aturan BKN. Sebab, ada sanksi yang akan dikenakan kepada ASN jika melanggar aturan itu. "Bisa teguran, bisa pemindahan tempat kerja atau penurunan pangkat kalau dia jadi jurkam," tambah Bagja.

Sebagaimana diketahui, kampanye rapat terbuka dimulai pada Ahad (24/3). Masa kampanye terbuka ini berlangsung 21 hari hingga berakhir pada 13 April 2019.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA