Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Gus Zaki: Kiai Maruf Amin Inspirasi Santri Tebuireng

Rabu 20 Mar 2019 08:00 WIB

Red: Ratna Puspita

[Ilustrasi] Ribuan Muslimat NU mengikuti Istigasah Kubro yang dihadiri Cawapres nomor urut 01 K.H. Ma'ruf Amin di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Jawa Timur, Selasa (19/3/2019).

[Ilustrasi] Ribuan Muslimat NU mengikuti Istigasah Kubro yang dihadiri Cawapres nomor urut 01 K.H. Ma'ruf Amin di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Jawa Timur, Selasa (19/3/2019).

Foto: Antara/Saiful Bahri
Keluarga besar Pesantren Tebuireng Jombang memberikan dukungan ke Jokowi-Ma'ruf.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pengasuh Pondok Pesantren Al Masruriyyah Tebuireng, KH Agus M Zaki Hadzik (Gus Zaki), mengatakan KH Ma’ruf Amin menjadi sosok inspirasi bagi santri-santri Tebuireng untuk berbuat lebih memajukan bangsa. Kiai Maruf merupakan alumnus Tebuireng.

“Kiai Ma’ruf inspirasi sekaligus motivasi bagi para santri, terlebih beliau adalah alumnus Tebuireng,” ujarnya pada siaran pers yang diterima, di Surabaya, Rabu (20/3) pagi.

Kiai Ma’ruf yang saat ini maju sebagai calon wakil presiden merupakan alumnus senior karena pernah enam tahun mondok di Tebuireng. Kemudian, ia juga sempat mengenyam pendidikan di MTS dan MA Salafiyah Syafi’iyah, yaitu unit pendidikan formal tertua di Tebuireng.

Menurut dia, Ma’ruf sangat dekat dengan umat dan perannya dalam pemberdayaan umat sudah teruji, baik selaku ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) maupun sebagai Mustasyar PB NU yang sebelumnya menjabat Rois Aam. “Yang banyak orang tidak ketahui, beliau adalah ahli kebijakan ekonomi umat, pegiat ekonomi Islam, berdiri di garis depan memperjuangkan penerapan keuangan syariah,” ucapnya.

Selain itu, kata dia, Kiai Ma’ruf merupakan dewan pengawas syariah di sejumlah bank syariah, juga terlibat di Komite Pengembangan Jasa Keuangan Syariah Otoritas Jasa Keuangan. ”Itu semua bakti Kiai Ma’ruf untuk umat. Beliau adalah inspirasi santri dan keluarga Tebuireng bangga dengan beliau,” katanya.

Karena itu, ia menegaskan tidak salah jika keluarga besar Pesantren Tebuireng Jombang memberikan dukungan kepada duet Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin, bukan pasangan calon lain. ”Kabar yang beredar bahwa Tebuireng tak mendukung Jokowi-Kiai Ma’ruf tidak benar, sebab mayoritas sepakat memilihnya, dari dzurriyah (keturunan) KH Hasyim Asyari, ada Ning Yenny Wahid, Gus Ipang Wahid, hingga Gus Aizudin Abdurrahman,” katanya.

Pemilihan Presiden 2019 diikuti dua pasangan calon presiden dan wakil presiden, yakni pasangan nomor urut 01 Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin serta pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA