Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Dipuji Jokowi, Kubu Airlangga Klaim Kantongi Restu

Kamis 07 Nov 2019 12:45 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Esthi Maharani

Presiden Joko Widodo bersalaman dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat peringatan HUT ke-55 tahun Partai Golkar di Jakarta, Rabu (6/11).

Presiden Joko Widodo bersalaman dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat peringatan HUT ke-55 tahun Partai Golkar di Jakarta, Rabu (6/11).

Foto: Republika/Prayogi
Dukungan Jokowi untuk Airlangga diklaim sudah tampak sedari lama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus Golkar Adies Kadir mengklaim, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan restu pada Airlangga Hartarto untuk kembali berkontestasi dalam bursa calon ketua umum Golkar.

Adies yang diketahui mendukung Airlangga menyebut, dukungan Jokowi sudah tampak sedari lama. "Ini kan tidak mengejutkan, hal ini kan sudah lama kalau Pak Jokowi Memang dukung Pak Airlangga," kata Adies di Kompleks Parlemen RI, Jakarta, Kamis (7/11).

Klaim Adies juga merujuk pada kehadiran dan gestur Jokowi dalam acara Hari Ulang Tahun ke - 55 Golkar pada Rabu (6/11) malam. Menurut Adies, Jokowi yang memuji kepemimpinan Airlangga sebagai Ketum Golkar dan menteri menunjukkan kepercayaan Jokowi atas sosok Airlangga.

"Terakhir beliau juga menyampaikan sudah sangat jelas gitu, jadi kalau saya sebagai pendukung Pak Airlangga memang kita bisa membaca itu sebagai suatu restu Pak Presiden kepada Pak Airlangga," ujar Adies.

Adies mengatakan, Golkar bersama Pak Airlangga mendukung penuh pemerintahan Jokowi. Kendati mengklaim mengantungi restu Jokowi, Adies enggan memastikan kemenangan Airlangga menuju kontestasi caketum di musyawarah nasional Golkar.

"Kemenangan itu hanya Allah yang tahu, yang penting kami sudah berusaha maksimal dan Kami bisa menyimpulkan bahwa Bapak Presiden setelah statement tadi malam memberi restu pada Pak Airlangga Hartarto," ucap Airlangga.

Terkait calon lain yang disebut bakal ikut kontestasi, yakni Bambang Soesatyo, Adies mengatakan tak ambil pusing. "Partai Golkar itu partai yang demokratis, siapapun boleh menjadi ketua umum, itu hak seluruh kader Golkar untuk menjadi ketua umum, jadi saya pikir sah-sah saja itu," ujarnya.

Jokowi diketahui hadir di HUT Golkar dan menyampaikan sejumlah pesan. Ia menyebut, Golkar memiliki pengaruh besar ke pemerintahan. Adanya gejolak di Golkar menurut dia dapat berpengaruh ke pemerintahan.

Jokowi pun mengucapkan selamat ulang tahun untuk Golkar ke 55 tahun, yang menurut dia merupakan usia yang matang. "Dan saya yakin Golkar akan semakin matang, dan saya yakin Golkar ke depan akan terus melejit, karena ketuanya top," kata Jokowi di Golden Ballroom The Sultan Hotel, Jakarta, Rabu (6/11) malam.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA