Sunday, 24 Zulhijjah 1440 / 25 August 2019

Sunday, 24 Zulhijjah 1440 / 25 August 2019

PKS Canangkan Kurban Ramah Lingkungan

Ahad 11 Aug 2019 10:15 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andi Nur Aminah

Besek bambu menjadi media untuk mengemas daging kurban yang ramah lingkungan (ilustrasi)

Besek bambu menjadi media untuk mengemas daging kurban yang ramah lingkungan (ilustrasi)

Foto: DSM bali
PKS berharap dapat berkontribusi dalam pengurangan sampah plastik di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mencanangkan kurban yang ramah lingkungan pada perayaan Idul Adha 1440 H. Salah satunya adalah dengan penggunaan besek bambu dalam pembagian daging.

"Isu sampah plastik sudah harus jadi perhatian bersama apalagi di Jakarta. Kita ingin menguatkan pesan kurban ramah lingkungan ini," ujar Wakil Ketua Bidang Humas DPP PKS, Dedi Supriadi di Jakarta, Ahad (10/8).

Baca Juga

Selain lebih ramah lingkungan, besek dari bambu punya kemampuan menghambat pertumbuhan bakteri. Besek berpori besar juga lebih baik untuk sirkulasi udara bagi daging, ketimbang penggunaan plastik.

Dengan dicanangkannya program ini, PKS berharap dapat berkontribusi dalam pengurangan sampah plastik di Indonesia. Serta dapat menjadi contoh untuk yang lainnya, agar lebih mempedulikan lingkungan pada Idul Adha 1440 H ini.

Adapun tahun ini, seluruh cabang PKS di Indonesia menyembelih sekitar 7.000 hewan kurban. Setiap tahun struktur partai tersebut, mulai dari ranting hingga pusat melaksanakan kurban bersama masyarakat.

"Tahun ini kita mengambil semangat 'Bahagia dalam Kebersamaan', sebab kurban bisa dinikmati oleh siapa saja sehingga harapannya bisa menguatkan kebersamaan bangsa," ujar Dedi.

Dedi pun menyerukan kepada para kader PKS untuk turut memeriahkan Hari Raya Idul Adha dengan menjadi sohibul kurban dan panitia shalat. Ia juga tak lupa mengajak masyarakat Indonesia untuk mengambil hikmah Idul Adha tentang semangat berkurban untuk orang lain. "Mari teladani semangat berkurban dan terus mendekatkan diri kepada Allah SWT untuk menghindarkan bangsa ini dari hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Dedi.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA