Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

KPU Akui Terganggu dengan Adanya Demonstrasi Setiap Hari

Jumat 26 Apr 2019 20:11 WIB

Red: Andri Saubani

Ketua KPU, Arief Budiman memberikan pernyataan kepada wartawan di Pusat Informasi Penghitungan Suara, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (20/4).

Ketua KPU, Arief Budiman memberikan pernyataan kepada wartawan di Pusat Informasi Penghitungan Suara, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (20/4).

Foto: Republika/Riza Wahyu Pratama
Demonstrasi menutup dua dua gerbang akses ke KPU RI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua KPU RI Arief Budiman mengaku pihaknya cukup terganggu dengan adanya sejumlah demonstrasi yang dilakukan di depan gedung KPU RI. Demonstrasi hampir terjadi setiap hari.

"Tentu mengganggu ya. Misalnya kita harus melakukan pekerjaan di luar kantor, itu kan agak terganggu akses keluar masuknya," kata Arief di Jakarta, Jumat (26/4).

Berdasarkan pantauan, demonstrasi yang dilakukan sejumlah kelompok di depan KPU biasanya terjadi berbarengan antara kelompok satu dan lainnya. Akibatnya, kedua kelompok demonstran menutupi dua gerbang akses ke KPU RI.

"Kalau biasanya demo berfokus di satu pintu, kita masih bisa gunakan satu pintu yang lain. Tapi kayak misalnya hari ini dua pintu tertutup semua, yang di dalam nggak bisa kemana-mana, yang di luar nggak bisa masuk," kata Arief.

Dia mengatakan, sejatinya undang-undang telah memberikan ruang bagi masyarakat untuk menyelesaikan tuntutan atau persoalan berdasarkan peraturan. "Kalau ada dugaan pelanggaran prosedur misalnya, pelanggaran administratif misalnya, itu silahkan dilaporkan ke Bawaslu, kalau Ada dugaan pelanggaran etik silakan dilaporkan ke DKPP sedangkan kalau ada perdebatan perbedaan tentang hasil pemilu silakan nanti diajukan ke Mahkamah Konstitusi," ujar dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA