Selasa, 12 Rajab 1440 / 19 Maret 2019

Selasa, 12 Rajab 1440 / 19 Maret 2019

Jokowi dan Prabowo Adu Argumen Bebas Selama 17 Menit

Ahad 17 Feb 2019 14:07 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Bayu Hermawan

Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/9).

Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/9).

Foto: Republika/Bayu Adji P
KPU membagi debat capres menjadi enam segmen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan mengatakan, ada enam segmen dalam debat kedua pilpres yang akan berlangsung pada Ahad (17/2) malam. Calon presiden (capres) Joko Widodo (Jokowi) dan capres Prabowo Subianto diizinkan untuk adu argumen secara bebas selama 17 menit.

Baca Juga

Wahyu menjelaslan, enam segmen itu terdiri dari segmen 1 hingga segmen 6. Segmen 1 merupakan pemaparan visi-misi atas teman energi-pangan, SDA-lingkungan hidup dan infrastruktur.  Pada segmen 1 nanti dilakukan perkenalan tujuh orang panelis debat pilpres kedua dan disusul dengan pengundian soal debat untuk masing-masing capres. Selanjutnya, pada segmen 2 akan dilakukan pendalaman dari visi-misi capres yakni infrastruktur dan energi-pangan.

Pendalaman visi-misi dilakukan dengan cara masing-masing capres menjawab pertanyaan yang telah disusun oleh panelis. Setelah salah satu capres menjawab pertanyaan, moderator memberikan kesempatan kepada capres lain untuk menanggapi jawaban capres tersebut.  Selanjutnya, pada segmen 3, teknis pelaksanaannya akan sama dengan segmen 2. Nantinya, setiap capres akan mendalami visi-misi dengan menjawab pertanyaan tema SDA-lingkungan hidup.

Menurut Wahyu, yang agak berbeda dengan debat sebelumnya adalah pelaksanaan segmen 4 di mana pertanyaan disampaikan setelah pemutaran video.Video ini merupakan aktualisasi dari pertanyaan yang disusun oleh panelis.  "Segmen 4 merupakan segmen debat bebas atau debat eksploratif," tutur Wahyu kepada wartawan di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Ahad.

Kedua video telah dipilih masing-masing capres pada segmen pertama. Durasi debat per video 8 menit. Video pertama atau A dijawab oleh capres Jokowi sebanyak 4 kali kesempatan dan capres Prabowo menjawab sebanyak 3 kali kesempatan. Sementara video B dijawab oleh Capres Prabowo sebanyak 4 kali kesempatan dan capres Jokowi menjawab sebanyak 3 kesempatan.

Total ada 7 kali kesempatan per calon presiden. Moderator diberi kesempatan penuh mengatur jalannya debat agar memberikan keberimbangan kepada kedua capres. Adapun total durasi untuk segmen 4 selama 20 menit. Kemudian memasuki segmen 5 Wahyu menyebut sebagai segmen inspiratif.

"Pada segmen ini, kedua capres diberikan kesempatan untuk saling bertanya dan menanggapi terkait tema-tema debat. Pertanyaan bukan lagi berasal dari panelis, tetapi langsung dari masing-masing capres yang ditanyakan kepada capres yang lain," jelas Wahyu.

Durasi untuk segmen 5 ini dilakukan selama 17 menit. "Terakhir adalah segmen keenam di mana masing-masing capres menyampaikan pertanyaan pamungkas. KPU berharap pada segmen keenam ini kedua capres menyampaikan alasan mendasar mengapa pemilih harus memilih mereka dan mendorong pemilih menggunakan hak pilihnya," tegas Wahyu.

Sebagimana diketahui, debat pilpres kedua ini akan disiarkan secara langsung oleh sejumlah stasiun televisi yakni RCTI, GTV, MNC TV, dan iNews TV mulai pukul 20.00 WIB. Debat selama 90 menit nanti dipandu oleh dua moderator yakni Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA