Sabtu, 20 Ramadhan 1440 / 25 Mei 2019

Sabtu, 20 Ramadhan 1440 / 25 Mei 2019

Panelis Jamin Pertanyaan Debat Capres tidak akan Bocor

Jumat 15 Feb 2019 20:32 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Bayu Hermawan

Prof Sudharto P Hadi

Prof Sudharto P Hadi

Foto: undip.ac.id
Malam ini, panelis menyelesaikan seluruh soal untuk debat pada Ahad (17/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koordinator debat kedua pilpres, Sudharto P Hadi memastikan pertanyaan untuk debat kedua pilpres tidak akan bocor kepada sejumlah pihak terkait. Malam ini, panelis menyelesaikan seluruh soal untuk debat pada Ahad (17/2).

Baca Juga

"Insya Allah (tidak bocor). Karena kami sudah menandatangani pakta integritas. Jadi semua kan berkomitmen untuk bangsa," ujar Sudharto kepada wartawan di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (15/2). 

Sudharto melanjutkan, panelis pun akan menyelesaikan seluruh soal tersebut malam ini. "Pertanyaan-pertanyaan sudah kita rumuskan ya kira-kira 70 persen hingga 80 persen yang kita finalisasi hingga malam ini," katanya.

Sudharto menyebut skema perumusan soal diinisiasi oleh KPU. Selain itu, para panelis juga menerima masukan dari berbagai instansi, baik pemerintah, swasta dan masyarakat sipil. Ia masih enggan mengungkapkan jumlah pertanyaan yang telah disusun untuk debat kedua. Sebab, panelis harus mencocokkan kumpulan pertanyaan dengan isu debat yang diusung.

Pihaknya juga mencermari perkembangan isu-isu terkini sebagai masukan tambahan. Nantinya,  pertanyaan tidak hanya mewakili kondisi terkini, tapi juga menyoal isu kritis yang perlu menjadi perhatian para calon pemimpin Indonesia ke depan.

Saat disinggung tentang penyelesaian soal debat yang sangat mendekati hari H pelaksanaan debat kedua, Sudharto mengkonfirmasi bahwa itu menjadi salah satu strategi untuk menghindari kebocoran soal. Namun, dia menegaskan bahwa seluruh panelis telah menyusun rancangan pertanyaan sejak pekan lalu.

"Itu hanya salah satu strategi. Dalam prosesnya, kami telah bekerja sejak sepekan lalu, baik berdiskusi maupun menerima dan mempertimbangkan berbagai masukan," tambah dia.

Seperti diketahui, ada tujuh orang panelis yang menyusun soal debat kedua pilpres. Tujuh orang panelis tersebut yakni Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) periode 2015-2019 Prof Joni Hermana, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria yang merupakan ahli pertanian dan ekologi manusia, ahli pertambangan Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Irwandy Arif, pakar energi Universitas Gadjah Mada (UGM) Ahmad Agustiawan, pakar lingkungan Universitas Diponegoro (Undip) Sudharto P Hadi, Direktur Eksekutif WALHI Nur Hidayati serta Sekretaris Jenderal Konsorsium Pengembangan Agraria (KPA) Dewi Kartika.

Debat kedua pilpres merupakan debat antarcapres, yakni Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Dalam debat kedua, ada sejumlah tema yang akan dibahas, yakni energi dan pangan, SDA dan lingkungan hidup serta infrastruktur. Debat ini akan disiarkan oleh sejumlah kalangan stasiun televisi yakni televisi RCTI, GTV, MNC TV, dan iNews TV dengan moderator Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA