Tuesday, 16 Ramadhan 1440 / 21 May 2019

Tuesday, 16 Ramadhan 1440 / 21 May 2019

KPU Klaim Kerusakan Kotak Suara karena Faktor Cuaca

Jumat 15 Feb 2019 16:49 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Esthi Maharani

Seorang jurnalis memeriksa kondisi kotak suara yang rusak di gudang logistik KPUD Cirebon, di Plumbon, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (12/2/2019).

Seorang jurnalis memeriksa kondisi kotak suara yang rusak di gudang logistik KPUD Cirebon, di Plumbon, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (12/2/2019).

Foto: Antara/Dedhez Anggara
KPU menanti laporan kerusakan kotak suara dari sejumlah daerah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra, mengatakan kerusakan kotak suara disebabkan faktor cuaca. KPU menanti laporan kerusakan kotak suara dari sejumlah daerah.

Baca Juga

"Ini kan karena memang faktor cuaca ya. Kami sudah menyurati KPU kabupaten/kota untuk menempatkan gudang-gudang itu dengan penggunaan palet (alas). Bisa dengan kayu atau bahan lain," ujar Ilham kepada wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/2).

Langkah kedua, kotak suara dilipat dan dibungkus dengan plastik. Dengan begitu, kondisi kotak suara tetap aman hingga hari H pemungutan suara. Selain kerusakan kotak suara di Cirebon, Ilham mengakui ada laporan kerusakan kotak suara dari daerah lain. Salah satunya dari Sumatera Barat.

Kerusakan kotak suara dari daerah akan segera diganti dengan melakukan produksi kotak suara pengganti. Menurut Ilham, produksi surat suara itu tidak memakan waktu lama.

Hanya saja perlu diperhatikan proses pengiriman ke gudang penyimpanan. "Jadi tidak perlu dibesar-besarkan. Ini sama (dengan kejadian di Cirebon). Begitu kami terima laporannya, tinggal kami klik kemudian kami penuhi sejumlah kekurangan yang ada," tambah Ilham.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA