Rabu, 15 Jumadil Akhir 1440 / 20 Februari 2019

Rabu, 15 Jumadil Akhir 1440 / 20 Februari 2019

Panelis Belum Selesaikan Soal untuk Debat Pilpres Kedua

Senin 11 Feb 2019 18:44 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Ratna Puspita

Debat capres-cawapres (Ilustrasi)

Debat capres-cawapres (Ilustrasi)

Foto: Dok Republika.co.id
Finalisasi soal-soal debat baru akan dilakukan akhir pekan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tujuh orang panelis debat kedua pilpres sampai saat ini belum menyelesaikan penyusunan soal debat kedua pilpres. Finalisasi soal-soal debat baru akan dilakukan akhir pekan ini. 

Koordinator pada debat kedua pilpres, Sudharto Prawoto Hadi, mengatakan panelis sudah menyusun rancangan soal-soal debat pilpres yang kedua. “Masih kami lanjutkan (penyusunan soal). Kami akan ketemu lagi Jumat dan Sabtu (15 dan 16 Januari). Seluruh tim panelis bertemu kemudian kami serahkan ke moderator, dengan disaksikan oleh KPU,” ujar Sudharto saat dihubungi, Senin (11/2). 

Rancangan soal debat yang telah disusun tim panelis merupakan hasil masukan masyarakat sipil, analisis media dan analisis tim panelis atas tema-tema debat sesuai dengan kapakarannya masing-masing. Namun, tujuh panelis belum menentukan jumlah total pertanyaan untuk debat nanti. 

“Belum kami tentukan, jadikan kami inventarisasi isu-isu, kami prioritas, lalu baru kami matangkan pada hari Jumat dan Sabtu mendatang,” lanjut dia. 

Selain itu, panelis juga sedang melakukan inventarisasi sejumlah video yang akan ditayangkan di segmen keempat debat pada hari Ahad (17/2) nanti. "Kami inventarisasi apa-apa yang mau kita tayangkan, lalu kemudian Jumat- Sabtu kita matangkan, kita sertai pertanyaan kepada para capres,” kata Sudharto. 

ia yakin seluruh soal nantinya usia memperinci visi, misi dan program masing-masing capres untuk Indonesia ke depan. Salah satu yang diharapkan panelis dan KPU, yakni bagaimana kedua capres bisa memaparkan tentang pengolahan energi di Indonesia sehingga bisa membawa kesejahteraan kepada masyarakat. 

"Debat itu bagian dari kampanye. Artinya para capres itu diharapkan mampu memetakan masalah dari lima debat itu, mana konsepnya. Kalau bagi petahana tentu apa saja yang sudah dicapai, apa yang akan dilakukan dan bagi Prabowo strategi kebijakan apa yang akan ditempuh,” kata mantan rektor Universitas Diponegoro (Undip) itu. 

Ada enam orang panelis lain yang bersama-sama Sudharto melakukan penyusunan soal debat capres. Tujuh orang tersebut yakni Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) periode 2015-2019 Prof Joni Hermana, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria yang merupakan ahli pertanian dan ekologi manusia, ahli pertambangan Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Irwandy Arif, pakar energi Universitas Gadjah Mada (UGM) Ahmad Agustiawan, Direktur Eksekutif WALHI Nur Hidayati serta Sekretaris Jenderal Konsorsium Pengembangan Agraria (KPA) Dewi Kartika. 

Debat pilpres kedua ini dijadwalkan digelar di Hotel Sultan, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada Ahad akhir pekan ini. Debat kedua nanti merupakan debat antarcapres, yakni Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Dalam debat kedua, ada sejumlah tema yang akan dibahas, yakni energi dan pangan, SDA dan lingkungan hidup serta infrastruktur. Debat kedua ini akan dipandu oleh dua orang moderator, yakni Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES