Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Musim Hujan, Penyimpanan Kotak Suara di Lampung Aman

Senin 11 Feb 2019 18:00 WIB

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Muhammad Hafil

Ilustrasi petugas logistik menata tumpukan kotak berisikan kertas surat suara.

Ilustrasi petugas logistik menata tumpukan kotak berisikan kertas surat suara.

Foto: ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Beberapa daerah melakukan perbaikan gudang penyimpanan.

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDAR LAMPUNG – Penyimpanan kotak suara untuk Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 17 April 2019 di sejumlah wilayah di Provinsi Lampung masih berlangsung aman hingga Senin (11/2). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung menyatakan tidak ada kekhawatiran terkait dengan kondisi logistik Pemilu 2019 di Lampung walaupun sekarang masih musim hujan.

“Kalau untuk logistik pemilu termasuk kota suara masih aman,” kata Ketua KPU Provinsi Lampung Nanang Trenggono di Bandar Lampung, Senin (11/2).

Menurut dia, logistik pemilu 2019 yang telah tiba di berbagai daerah dalam kondisi aman dan telah tersusun rapi. Pemerintah daerah, ujar dia, telah menyiapkan gudang penyimpanan yang diambil dari anggaran pemerintah kabupaten/kota setempat. Gudang tersebut apakah memperbaiki gedung yang ada, atau juga menyewa gudang untuk penyimpanan logistik yang lebih baik dan aman.

Ia mengatakan beberapa daerah melakukan perbaikan gudang penyimpanan yang anggarannya masing-masing diambil dari pemerintah kabupaten/kota tahun 2018. Menurut dia, masing-masing pemkab/pemkot menyiapkan gudang sendiri, juga ada yang disewa. Nanang menegaskan untuk logistik dan juga kotak suara untuk pemilu 2019 dijamin aman tidak terbebas dari air hujan dan banjir.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bandar Lampung melakukan peninjauan ke gudang penyimpanan yang ada di KPU Kota Bandar Lampung. Menurut Ketua Bawaslu Bandar Lampung Candrawansah, pihaknya tidak ingin ada masalah seperti yang terjadi di Cirebon, Jawa Barat, kotak suara yang rusak dan basah.

Bawaslu setempat mengecek keberadaan gudang penyimpanan logistik pemilu di Way Hui. Kotak suara sudah tersusun rapi dan aman dari bocoran air hujan dan banjir. Menurut Candra, peninjauan dilakukan karena sekarang masih musim hujan, khawatir terjadi seperti yang di Cirebon beberapa waktu lalu.

Sejumlah kotak suara yang sudah dirangkai telah tersususn dengan rapih, dan juga untuk menghindari adanya air hujan atau rembesannya, petugas juga sudah menutupi dengan terpal, meskipun kondisi gudang sudah aman dari atau bocor. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA