Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

KPU Siapkan Pengganti Jika Najwa Shihab Ditolak

Rabu 23 Jan 2019 05:55 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Yudha Manggala P Putra

Najwa Shihab

Najwa Shihab

Foto: Youtube
Keputusan moderator debat kedua rencananya diputuskan dalam rapat akhir pekan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan pihaknya telah menyiapkan nama-nama pengganti jika usulan moderator debat kedua pilpres ditolak tim sukses paslon capres-cawapres. KPU memastikan semua calon moderator untuk debat pilpres beras dari kalangan jurnalis. 

Menurut Arief KPU telah menyiapkan nama-nama kandidat moderator untuk debat pilpres. Karena itu, jika ada usulan nama moderator yang tidak disetujui, bisa diganti dengan kandidat moderator lain.

"Ya ada (cadangan nama). KPU sudah menyiapkan beberapa alternatif," ujar Arief kepada wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (22/1).

Sebagaimana diketahui, sebelumnya pihak media penyelenggara debat kedua pilpres telah mengusulkan nama Najwa Shihab dan Alfito Deannova sebagai moderator. Meski demikian, dua jurnalis senior ini belum dipastikan akan memandu jalannya debat pada 17 Februari 2019 mendatang.

Sejumlah pihak lantas menyampaikan keberatan terhadap usulan nama Najwa Shihab. Salah satu pihak yang keberatan yakni BPN Prabowo-Sandiaga Uno.

Menurut BPN, Najwa dinilai memiliki kecenderungan kepada salah satu paslon capres-cawapres. Hal yang sama juga diungkapkan oleh budayawan Sudjiwo Tedjo melalui akun Twitter-nya.

Sementara itu, KPU masih akan menggelar rapat lanjutan untuk persiapan debat kedua pilpres. Menurut Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, kepastian siapa moderator debat kedua rencananya akan diputuskan dalam rapat pada akhir pekan ini.

Wahyu pun mengungkapkan jika moderator untuk lima kali debat pilpres dari kalangan jurnalis. Selain itu, poin netral juga menjadi syarat untuk menjadi moderator.

"Iya pasti harus netral. Syaratnya kan begitu. Tetapi kalau moderator itu memang harus dikoordinasikan dengan pihak paslon, dalam hal ini TKN Jokowi-Ma'ruf Amin dan BPN Prabowo-Sandiaga Uno," tutur Wahyu.

Untuk diketahui, debat kedua pilpres dijadwalkan digelar di Hotel Sultan, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Debat kedua nanti merupakan debat antarcapres, yakni Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Nama-nama jurnalis senior seperti Najwa Shihab, Tomi Tjokro, dan Alfito Deannova masuk dalam bursa moderator debat kedua tersebut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA