Wednesday, 15 Jumadil Akhir 1440 / 20 February 2019

Wednesday, 15 Jumadil Akhir 1440 / 20 February 2019

PDIP Minta PPP dan Golkar Menangkan Jokowi-Ma'ruf di Jakarta

Sabtu 19 Jan 2019 12:35 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Muhammad Hafil

Jokowi-Ma'ruf masih 'rajai' survei

Jokowi-Ma'ruf masih 'rajai' survei

PDIP mengakui di Jakarta banyak pemilih Prabowo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PDIP akan bekerja sama dengan partai politik koalisi pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin untuk memenangkan pasangan calon (paslon) nomor urut 01 di Ibu Kota DKI Jakarta. PDIP rencananya akan berkolaborasi dengan PPP guna memenangkan capres pejawat.

"Karena jaman Pak Harto, Jakarta itu PPP. Dengan demikian kerja sama dengan PPP dan Golkar akan dilakukan," kata Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta saat melakukan safari kebangsaan pada Sabtu (19/1).

Hasto mengatakan, safari dilakukan tidak hanya untuk menjaga suara partai tapi juga merebut kantong-kantong suara yang dimiliki kubu oposisi. Dia mengakui, pasangan calon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memiliki suara cukup banyak di DKi Jakarta.

"Makanya PDIP menyadari takkan mungkin semuanya bisa digarap sendirian," kata Sekretaris Tim Kamapanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN KIK) ini.

Lebih lanjut, dia menyatakan, koalisi parpol pendukung Jokowi-Ma'ruf akan semakin intens melakukan gerakan teritorial, dari pintu ke pintu menemui masyarakat. Nantinya, dia melanjutkan, respons masyarakat sekaligus akan dipantau dan dievaluasi sehingga dapat dilakukan untuk menentukan langkah pemenangan selanjutnya.

Menurut Hasto, mengacu pada hasil survei terbaru elektabilitas pasangan Jokowi-Ma'ruf di Jakarta telah unggul selisih tujuh persen dia atas Prabowo-Sandi. Dia mengatakan, kemungkinan suara Prabowo akan terkikis lagi setelah tarian yang dia lakukan saat perhelatan debat pernana, Kamis (17/1) lalu.

Di saat yang bersamaan, Hasto mengaku optimis dengan perolehan suara partai dalam pemilihan legislatif nanti. Dia mengatakan, optimisme lahir mengingat PDIP adalah partai yang selalu hadir di tengah-tengah masyarakat Jakarta.

"Tapi bagi kami, yang penting kemenangan Jokowi-Kiai Ma'ruf Amin yang utama di Jakarta," kata Hasto.

Sebelumnya, safari kebangsaan dilakukan sebagai bagian dari konsolidasi pemenangan pasangan calon nomor urut 01 di DKI Jakarta. Ibu kota menjadi salah satu daerah prioritas Tim Kampanye Nasional (TKN) kubu pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Perolehan suara Jokowi di Jakarta pada pemilu 2014 lalu sebesar 53,08 persen. Angka itu mengungguli pasangan Prabowo-Hatta yang mendapatkan suara 46,92 persen. Meski demikian, suara DKI kemudian beralih ke koalisi opisisi pada perhelatan Pilgub 2017 lalu.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA