Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Jelang Debat, Ma'ruf Dibekali Proses Debat 2014

Kamis 17 Jan 2019 16:52 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Esthi Maharani

Pemikiran KH Maruf Amin. Wakil Sekretaris Umum PP Persis Aay Muhammad Furqon menyampaikan paparan terkait pemikiran KH MAruf Amin di Megawati Institue, Jakarta, Rabu (28/11).

Pemikiran KH Maruf Amin. Wakil Sekretaris Umum PP Persis Aay Muhammad Furqon menyampaikan paparan terkait pemikiran KH MAruf Amin di Megawati Institue, Jakarta, Rabu (28/11).

Foto: Republika/ Wihdan
Andi Wijayanto menjelaskan tentang proses debat pada 2014 lalu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deputi V Kantor Staf Presiden, Jaleswari Pramodhawardani bersama mantan Sekretaris Kabinet, Andi Widjajanto kembali melakukan silatirrahim dengan Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (17/1) sore.

Andi Wijayanto mengatakan, pihaknya mendatangi iMa'ruf hanya untuk menjelaskan tentang proses debat pada 2014 lalu, sehingga Ma'ruf bisa mengetahui proses Debat Perdana Pilpres 2019 yang akan digelar di Hotel Bidakara pada Kamis (17/1) nanti.

"Bersilturrahmi. Kemarin kan sudah ke sini terus saya meminta waktu Pak Kiai Ma'ruf silaturrahmi lagi. Menceritakan bagaimana dulu 2014 proses debat berlangsung, itu saja," ujar Andi usai silaturrahmi ke kediaman Kiai Ma'ruf di Jalan Situbondo, Jakarta Pusat, Kamis (17/1) sore.

Namun, menurut dia, pihaknya tidak memberikan masukan khusus kepada Ma'ruf terkait tema yang akan dibahas dalam debat perdana Pilpres.

"Tidak tidak (tak memberikan masukan). Bidangnya bukan bidang saya. Cuma menjelaskan prosesnya saja supaya Pak Kiai Ma'ruf familiar dengan apa yang terjadi nanti malam," ucapnya.

(Baca: Timses Jokowi-Maruf Jatim Perkuat Konsolidasi)

Jaleswari menjabat Deputi V KSP yang fokus dalam Bidang Kajian Politik dan Pengelolaan Isu-isu Hukum, Pertahanan, Keamanan dan HAM. Namun, Andi juga menegaskan bahwa kedatangannya juga tidak membahas tentang isu HAM.

"Gak sama sekali (Berbicara tentang HAM), gak ngomong substantif. Hanya prosesnya saja," kata Andi.

Debat pertama capres-cawapres Pemilu 2019 akan digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Debat pertama ini akan mempertemukan pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno.

Debat tersebut akan mengangkat empat tema, yakni hukum, HAM, korupsi dan terorisme. Secara keseluruhan, debat akan dibagi dalam enam segmen dengan durasi total 120 menit dan dipandu oleh dua moderator, Ira Koesno-Imam Priyono.

Debat pertama ini akan dimulai pukul 19.00 WIB. Namun, sejak pukul 19.00 WIB dan pukul 20.00 WIB akan digelar kegiatan pra debat. Sementara itu, siaran debat baru akan dimulai pukul 20.00 WIB. Debat disiarkan secara live di tiga stasiun televisi yakni TVRI, Kompas TV dan RTV. Selain itu, debat juga disiarkan live di radio melalui siaran RRI.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA