Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Panitia Siapkan Lapangan Bola untuk Nobar Debat Capres

Kamis 17 Jan 2019 13:07 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Muhammad Hafil

Debat capres-cawapres (Ilustrasi)

Debat capres-cawapres (Ilustrasi)

Foto: Dok Republika.co.id
Polisi menerapkan sistem pengamanan empat lapis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Sebanyak dua layar disiapkan untuk acara nonton bareng (nobar) debat perdana pilpres di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/1). KPU dan panitia penyelenggara debat memperbolehkan para pendukung Paslon Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno untuk nobar di sekitar Hotel Bidakara.

Hal itu disampaikan Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Indra Jafar, kepada wartawan di Hotel Bidakara. "Panitia sudah menyiapkan satu lapangan bola di belakang (belakang Hotel Bidakara). Sengaja dipisah agar tertib. Di sana areanya juga cukup memungkinkan sehingga tidak mengganggu lalu lintas," ujar Indra.

Di lapangan bola itu, pun telah dipasang dua layar untuk acara nobar bersama pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin dan pendukung Prabowo-Sandiaga Uno.

Indra melanjutkan, para pendukung yang ada di luar tersebut tidak diperbolehkan masuk ke Hotel Bidakara. Pasalnya daya tampung lokasi debat pun terbatas.

"Yang di luar tidak bisa masuk karena sistem ticketing nya sangat ketat. Sebab begitu para undangan datang, undangan mereka ditukar dengan gelang barcode. Jadi yang masuk sesuai dengan nama undangannya," tegas dia.

Lebih lanjut Indra menjelaskan kepolisian menerapkan sistem pengamanan empat lapis di sekitar Hotel Bidakara. Sebanyak 2.000 personel diterjunkan untuk mengamankan debat.

"Lapis pertama di Bhirawa Hall, lapis kedua di bawah, lapis ketika di pelataran sekitar Hotel Bidakara dan lapis keempat di jalan sekitar hotel. Kami juga dibantu unsur TNI untuk membackup karena dibutuhkan banyak personel untuk menertibkan acara malam ini agar lebih lancar," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, debat pertama capres-cawapres Pemilu 2019 akan digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Debat pertama ini akan mempertemukan pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno.
Debat tersebut akan mengangkat empat tema, yakni hukum, HAM, korupsi dan terorisme. Secara keseluruhan, debat akan dibagi dalam enam segmen dengan durasi total 120 menit dan dipandu oleh dua moderator, Ira Koesno-Imam Priyono.

Debat pertama ini akan dimulai pukul 19.00 WIB. Namun, sejak pukul 19.00 WIB dan pukul 20.00 WIB akan digelar kegiatan pra debat. Sementara itu, siaran debat baru akan dimulai pukul 20.00 WIB. Debat disiarkan secara live di tiga stasiun televisi yakni TVRI, Kompas TV dan RTV. Selain itu, debat juga disiarkan live di radio melalui siaran RRI. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA