Saturday, 18 Jumadil Akhir 1440 / 23 February 2019

Saturday, 18 Jumadil Akhir 1440 / 23 February 2019

Begini Pengaturan di Dalam Ruang Debat Capres-Cawapres

Kamis 17 Jan 2019 10:42 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Bayu Hermawan

Seorang karyawan melintas di panggung yang dipersiapakan untuk debat pertama capres-cawapres Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).

Seorang karyawan melintas di panggung yang dipersiapakan untuk debat pertama capres-cawapres Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).

Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Jokowi-Ma'ruf akan menempati sisi kiri panggung, sementara Prabowo-Sandi ada di kanan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat perdana kandidat capres dan cawapres pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1) malam. Dari pantauan, venue debat di Bhirawa Convention Center, juga telah diatur untuk debat kandidat yang akan diikuti oleh pasangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin akan menempati posisi sebelah kiri panggung (dari arah penonton). Para pendukung paslon capres-cawapres nomor urut 01 itu akan menempati sekitar 50 kursi yang ada di belakang mereka.

Sementara itu, paslon Prabowo-Sandiaga Uno akan menempati sisi kanan panggung. Pendukung paslon 02 tersebut pun diberikan kesempatan untuk duduk di 50 kursi yang ada di belakang mereka. Selain sepasang kursi yang digunakan untuk tempat duduk paslon capres-cawapres, ada satu mimbar yang disediakan untuk tempat mereka melaksanakan debat. Mimbar juga dilengkapi sepasang mikrofon.

Dua orang moderator debat, yakni Ira Koesno dan Imam Priyono akan menempati meja kursi yang ada di depan panggung. Posisi meja moderator lebih rendah jika dibandingkan dengan panggung.

Sementara itu, di kursi penonton, ada sejumlah nama penting yang nantinya akan menempati barisan paling depan. Nama-nama itu yakni Ketua Komisi II Zainuddin Amali, Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Kapolri Jenderal Titi Karnavian. Ketiga nama ini akan duduk di barisan paling depan sisi sebelah kiri panggung. Di samping Tito, secara berturut-turut akan duduk para mantan presiden dan wakil presiden yakni Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Hamzah Haz, Megawati  Soekarnoputri dan Try Sutrisno.

Masih di deretan yang sama, ada Ketua DPR Bambang Soesatyo yang akan duduk di samping para panelis debat. Di belakang barisan tempat duduk para mantan capres-cawapres itu, akan duduk para ketua lembaga tinggi negara, di antaranya Ketua MA Hatta Ali, Ketua MK Anwar Usman, Jaksa Agung HM Prasetyo, Ketua DPD Oesman Sapta Odang dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Adapun mantan presiden BJ Habibie mengkonfirmasi tidak menghadiri debat. Wakil Presiden Jusuf Kalla juga mengkonfirmasi tidak hadir. Di barisan kursi penonton sebelah kanan, akan duduk para penyelenggara pemilu, baik KPU, Bawaslu dan DKPP. Di belakang barisan mereka, ada para mantan komisioner KPU, mantan komisioner Bawaslu, dan mangan anggota DKPP. Undangan dari kalangan pemantau pemilu, aktivis mahasiswa, tokoh agama dan budayawan juga akan duduk di barisan penonton sebelah kanan ini.

Hingga pukul 10.14 WIB, persiapan debat perdana pilpres 2019 masih terus berlangsung baik di dalam venue maupun di luar lokasi debat. Berdasarkan informasi yang dihimpun Republika, pelaksanaan geladi resik debat rencananya digelar setelah pukul 12.00 WIB.

Sebagaimana diketahui, debat pertama capres-cawapres Pemilu 2019 akan digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Debat pertama ini akan mempertemukan pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno.

Debat tersebut akan mengangkat empat tema, yakni hukum, HAM, korupsi dan terorisme. Secara keseluruhan, debat akan dibagi dalam enam segmen dengan durasi total 120 menit dan dipandu oleh dua moderator, Ira Koesno-Imam Priyono.Debat pertama ini akan dimulai pukul 19.00 WIB. Namun, sejak pukul 19.00 WIB dan pukul 20.00 WIB akan digelar kegiatan pra debat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA